Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Tuesday 8 October 2013

Penderita Diare dan Ispa Meningkat


Kekurangan Air Bersih

MERAUKE - Kepala Puskesmas Mopah, dr. Roike D. Djou mengatakan di musim kemarau ini, jumlah pasien penyakit diare dan infeksi saluran pernapasan akud (ISPA) mengalami peningkatan yang signifikan.
Hal tersebut disebabkan kurangnya ketersediaan air bersih, sehingga sebagian masyarakat terpaksa menggunakan air seadanya.
“Di musim kemarau, memang kebanyakan dari tahun ke tahun kalau tidak diare, ya penyakit ispa. Itu memang setiap tahun terjadi dan terbukti. Sebagai orang kesehatan kami sudah mengenal penyakit musiman,” ujar Roike, Senin (7/10) kemarin.
Dijelaskan Royke, penyakit diare dan ispa dipengaruhi oleh kotoran dan debu. Lantas, Royke mengimbau agar warga perlu mewaspadai, karena dampaknya yang sangat luar biasa bagi kesehatan.


“Meski kelihatannya seperti kasus kecil dan biasa-biasa saja, akibat debu kasus ISPA menyebabkan batuk, pilek dan radang tenggorokan. Infeksi mata ringan dan diare akut bisa mengakibatkan kematian bagi seseorang ketika tidak segera ditangani,” bebernya.
Antisipasi yang dilakukan puskesmas, sambung dia, dimana dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat baik secara berkelompok maupun perorangan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Menurut Royke, masalah kesehatan masyarakat bukan hanya menjadi tanggung jawab tenaga kesehatan, tetapi pribadi setiap orang. Bahkan perlu mendapat dukungan penuh oleh pemerintah daerah melalui SKPD terkait.
“Semua kembali lagi kepada masyarakat itu sendiri, apakah menerapkan hidup sehat atau tidak. Mereka menerima penyuluhan dan wejangan-wejangan, hanya saja apakah diterapkan betul atau tidak menjadi tanggung jawab mereka sendiri,” ungkapnya.
Selanjutnya melihat kondisi alam yang tidak memungkinkan, seperti kampung Golar yang memang tidak tersedia sumber air bersih atau sumur, sehingga warga setempat hanya mengharapkan air hujan. Kembali ditegaskan Royke bahwa ini menjadi dilema bagi pihak kesehatan. “Ini harus jadi perhatian pemerintah untuk sigap dan tanggap. Antisipasi air, jangan sampai kekeringan dan terjadi diare ataupun penyakit lain-lainnya,” tegas Royke.(Lea/achi/lo1)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Penderita Diare dan Ispa Meningkat ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Tuesday 8 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.