Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Friday 7 December 2012

Transportasi Sulit, Banyak Siswa Putus Sekolah


Kepala Sekolah SMPN Persiapan Wayau, Paulus Retob. Jubi/ns
Merauke (6/12)— Kepala Sekolah SMPN Persiapan Wayau, Distrik Anim Ha, Kabupaten Merauke, Paulus Retob mengungkapkan, salah satu persoalan mendasar yang terjadi di sana adalah transportasi. 
Anak-anak yang tamat Sekolah Dasar (SD) dan hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP, harus putus ditengah jalan. Pasalnya, untuk sampai ke Wayau, satu-satunya transportasi adalah dengan mendayung perahu melalui  rawa.
Hal itu disampaikan Retob yang ditemui tabloidjubi.com, Kamis (6/12). Menurutnya, sampai dengan sekarang, jumlah siswa dan siswi di SMP tersebut, hanya tersisa 44 orang. Padahal, kalau dalam tahun ajaran baru, jumlahnya mencapai ratusan orang. Namun, dalam perjalanan, anak-anak menghilang begitu saja. Setiap hari, mereka harus mendayung perahu tiga sampai empat jam dari kampungnya, menuju ke SMPN Persiapan Wayau.
“Tentunya anak didik juga mengalami kejenuhan dan kelelahan jika setiap hari harus bolak balik dari sekolah ke kampung dengan hanya mendayung perahu. Ya, kami dari pihak sekolah, tidak bisa harus memaksakan mereka secara berlebihan untuk harus ke sekolah. Karena persoalan transportasi yang sangat jauh,” katanya.
Solusinya, demikian Retob, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke agar membangun asrama di Wayau. Sehingga anak-anak tinggal dan setiap hari tetap ke sekolah sebagaimana biasa. Tentunya para guru juga akan lebih mudah dalam melakukan pengawasan.  Secara umum, katanya, anak-anak yang masuk di SMP tersebut adalah orang asli Papua. “Kami mempunyai suatu komitmen agar mereka harus sekolah,” ungkap dia. (Jubi/Ans)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Transportasi Sulit, Banyak Siswa Putus Sekolah ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Friday 7 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.