Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Thursday 13 December 2012

Dinas Perindagkop Provinsi Papua Adakan Pelatihan Eksport / Import di Merauke

Merauke, Media Center - Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Papua bekerjasama Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan eksport/impor- Kementrian Indonesia, mengadakan pelatihan managemen export impor dan pembinaan produk di Merauke, di Hotel Itese, Selasa (11/12).
Pelatihan manajemen export import yang diikuti dari dinas dan perusahaan di daerah, diharapkan semakin meningkatkan pengetahuan sumber daya manusai di Papua memahami prosedur eksport maupun import yang berlaku sesuai aturan.
Provinsi Papua sendiri memiliki potensi besar berbagai sumber daya alammnya yang dapat di eksport ke luar negeri dan menjadi sumber PAD. Sebut saja, sumber tambang di Timika, Papua yang kaya akan hasil laut dan hutannya, menjadi komoditi unggulan bahan eksportnya. Hanya saja, hasil eksport  sejumlah komoditi tadi tahun ini mengalami penurunan dari tahun tahun sebelumnya.   
“Tahun 2010 lalu, hasil eksport  dari Provinsi Papua mencapai U$ 4.000 Milyar lebih. Dan tahun 2011 menurun seribu dari sebelumnya. Sedangkan hingga akhir bulan Oktober 2012, semakin menurun hanya mencapai U$ 1000 Miliar lebih,”terang Kabid Perdagangan, Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Papua- Elsie Pekade.
Penurunan nilai eksport yang tercatat hingga akhir Oktober lalu, jauh dari target yang diharapkan. Pihaknya berharap, Tahun 2013 nanti, pemerintah harus lebih menggenjot dan bekerja keras demi peningkatan pengiriman barang berupa hasil sumber daya alam yang dibutuhkan Negara-negara lain. Baik dari jumlah eksporter maupun komoditi yang akan dikirim.
Pelatihan manejemen eksport import yang diadakan di Merauke dinilai tepat. Sehingga mampu meningkatkan pengetahuan SDM di Papua, terutama harus memahami prosedur export import, termasuk kepabeanan Bea cukai.
Pemahaman maksimal penting mereka dapatkan, seperti memahami pembuatan kontrak dan kepabeanan, sebagai dasar peningkatan sekaligus pemberdayaan SDM di Kabupaten Merauke.
Peningkatan nilai eksport  dari Papua, selain memaksimalkan sumber-sumber yang sudah ada, juga perlu pengembangan potensi UKM lokal. Dengan harapan, mampu memajukan UKMnya, juga menjadi nilai lebih nilai eksport  Provinsi Papua di tahun 2013 nanti.(09/mcmerauke)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Dinas Perindagkop Provinsi Papua Adakan Pelatihan Eksport / Import di Merauke ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Thursday 13 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.