Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Friday 18 October 2013

TNI AL Gelar Latihan Pratugas Ops Pamtas RI-PNG





Komandan Pangkalan Utama TNI AL XI Brigjen TNI Mar Buyung Lalana, Rabu (16/10) di Pantai Lampu Satu kemarin membuka secara resmi Latihan Pratugas Oprasi Pamtas RI-PNG Wilayah Torasi. Latihan pratugas ini yang di ikuti oleh 35 anggota TNI AL yang bertujuan memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan kepasa prajurit dalam kesiapan melaksanakan operasi pamtas RI-PNG melalui letihan pratugas.

“Posal torasi merupakan salah satu posal dijajaran Lantamal XI yang berasa di daerah perbatasan RI-PNG paling selatan” ungkap Danlantamal XI Brigjen TNI Mar Buyung Lalana dalam amanatnya.

Dijelaskan, di samping tugas sebagai pos TNI AL juga berfungsi sebagai pos pengamanan perbatasan RI-PNG wilayah torasi dan lintas batas hubungan kekerabatasn antar keluarga. Pos perbatasan wilayah torasi memiliki nilai strategis karena wilayah torasi merupakan jalur perekonomian tradisional baik bagi masyarakat Merauke maupun masyarakat PNG dan sebagai alur pelayaran reguler bagi kapal PNG yang keluar maupun masuk ke wilayah PNG.

” Jadi keberadaan pos pengamanan perbatasan ini memiliki peran yang sangat penting diwilayah tersebut, karena letaknya di muara suangai torasi dapat berfungsi sebagai pos pelintas batas tradisional” tegasnya.

Sementara garis perbatasn RI-PNG memotong tepat di muara suangai torasi memiliki nilai penting tersendiri karena dalam hal penegakkan kedaulatan kedua negara dan pengguna sungai sebagai alur pelayaran akan saling mempengaruhi sehingga pengamananya harus dilakukan secra propporsional dan mengikuti hukum serta peraturan internasional.

” Pengawasan kapal-kapal yang berlayar tanpa ijin dan pelayaran ilegal yang akan mengganggu kedaulatan negara Indonesia serta melindungi rakyat Papua” tandasnya.(amie)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel TNI AL Gelar Latihan Pratugas Ops Pamtas RI-PNG ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Friday 18 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.