Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Thursday 17 October 2013

Limbah Freeport Jadi Bahan Dasar Pembangunan di Papua

KBR68H, Jayapura- Pemprov Papua bakal menggunakan tailing atau limbah hasil kegiatan tambang PT Freeport Indonesia (PT FI) sebagai bahan dasar pembangunan infrastruktur di Bumi Cenderawasih.

Gubernur Papua, Lukas Enembe menuturkan, salah satu kerjasama yang sudah dibangun adalah pendirian pabrik semen dari bahan dasar tailing. Perjanjian dengan PT FI soal penggunaan tailing sebagai bahan konstruksi dalam pembangunan infrastruktur telah dilakukan pada tahun 2007 dan diperbaharui pada tahun 2011.

Lebih lanjut ia menjelasan, beberapa lokasi pembangunan infrastruktur yang menggunakan tailing diantara pembangunan jalan di Kabupaten Merauke, Jembatan Paumako 3, Timika yang menghubungkan Kota Timika dan Pelabuhan Pomako, Kantor Bupati Mimika dan area Bandara Moses Kilangin, Mimika.

Kerja sama ini, kata Lukas, dilakukan setelah ada komunikasi rutin antara dia dengan Presiden Direktur PT FI, Rozik Boedioro Soetjipto.

“Saya dengan Freeport, Pak Rozik beberapa bulan terakhir ini, diskusi yang kontinu, bagaimana kita memanfaatkan ini yang bisa bermanfaat untuk pembangunan infrastruktur di Papua. Kita berharap regulasi ini yang mungkin harus diperbaiki, karena berbagai penelitian membuktikan ini bisa bermanfaat,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT FI, Rozik Boedioro Soetjipto mengklaim, pihaknya bersama dengan Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri -Institut Teknologi Bandung (LAPI-ITB) telah melakukan penelitian untuk mendaur ulang tailing sebagai bahan campuran beton dalam pembangunan prasarana lokal.

Dalam perpanjangan MoU penggunaan tailing sebagai bahan dasar infrastruktur, pihaknya telah mengirimkan lebih 460 ribu m3 tailing untuk pembangunan jalan di Merauke. (Katharina Lita)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Limbah Freeport Jadi Bahan Dasar Pembangunan di Papua ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Thursday 17 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.