Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Friday 18 October 2013

Pratugas Operasi Pamtas RI-PNG Wilayah Torasi 2013




MERAUKE-(IDB) : Latihan Pratugas Operasi Pamtas RI-PNG wilayah Torasi TA. 2013 secara resmi dibuka oleh Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Buyung Lalana ditandai dengan upacara resmi yang dilaksanakan di Pantai Lampu Satu Kelurahan Samkai Kab. Merauke. Upacara yang dihadiri oleh seluruh pejabat Lantamal XI serta unsur Muspida ini berlangsung khidmat dengan Komandan Upacara Kapten Mar Rumbiak yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pos Pamtas Torasi.

Diikuti oleh 35 peserta latihan, 12 orang instruktur dan akan mengambil waktu latihan selama 14 hari. Perlu diketahui latihan secara resmi dibuka dengan penyematan tanda peserta latihan dan pemukulan Tifa oleh Inspektur Upacara ini rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali dimana saat itu pergantian personel pangawak Pos Pamtas wilayah Torasi rutin pula dilaksanakan, dengan menggunakan metode dan macam latihan yaitu teori dan praktek, sebagai Penanggung Jawab Latihan adalah Komandan Lantamal XI dan Pimpinan Latihan Asops Danlantamal XI.

Amanat Komandan Lantamal XI pada upacara kali ini ditegaskan bahwa Pos Pengamanan Perbatasan RI-PNG Wilayah Torasi ini memilki nilai strategis dimana wilayah Torasi merupakan jalur perekonomian tradisional baik bagi masyarakat Merauke maupun masyarakat PNG dan sebagai alur pelayaran reguler bagi kapal/perahu PNG baik yang keluar maupun masuk ke wilayah PNG yang berada di sepanjang sungai Torasi.

Garis perbatasn RI-PNG yang memotong tepat di muara sungai Torasi memiliki nilai penting tersendiri karena dalam hal penegakkan kedaulatan kedua Negara dan penggunaan sungai sebagai alur pelayaran akan saling mempengaruhi sehingga dalam hal penangannya harus dilakukan secara proporsional dan mengikuti hukum serta peraturan Internasional. Pengawasan kapal-kapal yang berlayar tanpa ijin dan pelayaran illegal yang akan mengganggu kedaulatan Negara Indonesia serta melindungi rakyat Papua.
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Pratugas Operasi Pamtas RI-PNG Wilayah Torasi 2013 ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Friday 18 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.