Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Tuesday 4 December 2012

Pengidap HIV - AIDS di Provinsi Papua Merauke Diperingkat ke Lima


MERAUKE – Untuk tahun 2012 ini, Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Merauke mendapat alokasi dana hibah dari Pemda Merauke sebesar Rp800 juta. Dan semua rencana kerja tahunan yang dibiayai oleh dana hibah tersebut sebagian besar sudah dilakukan di akhir tri wulan ketiga dan masuk pada tri wulan keempat.
“Nah salah satu agenda kerja kita adalah hari ini yang mana merupakan Hari AIDS sedunia dengan mengusung teman “Lindung Perempuan dan Anak dari HIV AIDS,” ujar Wakil Bupati Merauke Sunarjo S.Sos selaku Ketua KPA Merauke, Sabtu (1/12) lalu.
Sebagai ketua harian KPA Merauke, Sunarjo sangat menggelayutkan harapan besar di momentum Hari AIDS Sedunia yang diperingati 1 Desember kemarin. 
Merauke yang dinilai sebagai kabupaten yang berhasil dalam menangani kasus HIV dan AIDS oleh Provinsi Papua, diharapkan Sunarjo untuk peringatan tahun ini dan seterusnya, Merauke dapat mempertahankan keberhasilan tersebut.
Ia tak menampik pada kurun waktu 20 tahun yang lalu, Merauke sempat berada di top one pengidap HIV dan AIDS di Provinsi Papua. Namun berkat perjuangan yang keras dalam membendung penyebaran dan peningkatan virus dan penyakit mematikan itu, Merauke berhasil  turun ke peringkat kelima sejak beberapa tahun terakhir.
“Ini bukan menjadi suatu kebanggaan karena kenyataan juga masih ada kasus-kasus yang ditemukan melalui tes VCT yang dilakukan oleh Pemerintah daerah. Tetapi upaya untuk membendung penyebaran terus dilakukan agar tidak meningkat angkanya,” kata Sunarjo.
Salah satu upaya yang dilakukan Pemda Merauke bersama KPA untuk penanaganan masalah HIV dan AIDS adalah dengan membuat Perda penggunaan kondom bagi pekerja seks komersial.
Selain itu, setiap pekerja seks komersial (PSK) yang baru datang untuk bekerja di Merauke, wajib melakukan tes VCT guna mendeteksi dini apakah yang bersangkutan terindikasi penyakit tersebut.
“Ini komitmen kami untuk penanggulangan HIV dan AIDS supaya jangan terkesan bahwa Merauke hanya sebar slogan saja tetapi tidak ada actionya.,” pungkasnya. (lea/achi/LO1)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Pengidap HIV - AIDS di Provinsi Papua Merauke Diperingkat ke Lima ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Tuesday 4 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.