Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Tuesday 4 December 2012

Penderita HIV/AIDS di Merauke Capai 1.501 Orang

Merauke, InfoPublik - Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Merauke berdasarkan data resmi yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke per Oktober 2012 kini mencapai angka 1.501 orang.
Menurut Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Merauke, Sunarjo, jumlah penderita HIV/AIDS di Merauke sudah sangat mengkhawatirkan karena penderita terus bertambah.
Jika pada tahun-tahun sebelumnya, Merauke menempati urutan nomor satu di Papua, kini   Kabupaten Merauke sudah berada di urutan kelima. Namun penderita terus bertambah, kata dia.
Kendati demikian, upaya penanggulangan HIV/AIDS di Merauke tengah berjalan baik. Bahkan sekarang ini Merauke menjadi rujukan Provinsi Papua dalam hal penanggulangan HIV/AIDS.
 “Hanya ini bukan sesuatu yang harus dibanggakan. Karena kenyataannya masih banyak kasus yang muncul,” kata Sunarjo kepada wartawan,  terkait peringatan Hari AIDS Sedunia, Sabtu (1/12).
Menurut Wabup Sunarjo, berbagai langkah telah dilakukan Pemkab Merauke dalam mempertajam penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Merauke. Salah satunya, setiap pekerja beresiko yang datang ke Merauke harus terlebih dahulu menjalani tes kesehatan.
Jika hasilnya positif HIV/AIDS, maka yang bersangkutan tidak boleh kerja dan harus dikembalikan ke daerah aslanya. Langkah lainnya, dengan melakukan tes bagi PNS di lingkungan Pemkab Merauke.
Meski belum seluruhnya mengikuti tes tersebut, menurut Sunarjo, tes HIV/AIDS bagi PNS ini merupakan langkah maju untuk mengetahui status kesehatannya.  
Langkah lainnya, tandas dia, adalah kembali mengkaji perda terkait pencengahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Merauke. Dari hasil evaluasi  dan kajian, perda tersebut masih banyak kekurangan dan kelemahannya.
“Sekarang ini, Raperda baru sedang dalam uji publik untuk mendapatkan penguatan dari masyarakat sehingga nantinya diharapkan lebih efektif dan efisien,” tandasnya.
Adapun peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2012, dengan tema ‘Lindungan Perempuan dan Anak dari HIV/AIDS’ Wabup Sunarjo menilai perempuan, dalam hal ini ibu-ibu yang sedang hamil sangat  rentan tertular dari HIV/AIDS, jika suaminya kerap berbuat buruk tanpa melindungi dirinya.
“Jujur kita katakan bahwa di Merauke terjadi degradasi nilai dan moral, terutama di kalangan remaja. Kita sudah ada modul Daku Papua di sekolah-sekolah, apakah ini efektif atau tidak tapi kenyataannya memang masih cukup tinggi. Berarti ini menyangkut kesadaran yang memang belum maksimal,” tambahnya. (MC Merauke/02 Kus)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Penderita HIV/AIDS di Merauke Capai 1.501 Orang ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Tuesday 4 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.