Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Wednesday 12 December 2012

Bertamu ke Rumah Semut di Perbatasan Indonesia

detikTravel Community - 
Merauke adalah salah satu kota di ujung timur Indonesia, Papua. Salah satu keunikan yang ada di sini yaitu rumah semut. Anda bisa menemukannya di Distrik Sota, kawasan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Yuk, mampir ke sini!

Gersang, itulah satu kata yang dapat mewakili Kota Merauke. Rerumputan yang sudah mengering terlihat di kanan kiri jalan. Panasnya cuaca mungkin menjadi salah satu sebab rumput serta pepohonan menjadi kering di sini.

Ada yang menarik ketika menengok ke kanan kiri jalan sepanjang perjalan menuju Distrik Sota dan Taman Nasional Wasur. Banyak sekali bentuk-bentuk semacam tanah liat kering yang berukuran sangat tinggi.

"Nah itu salah satu rumah semutnya, untuk bisa setinggi itu prosesnya lama, sampai 1-2 tahun" jelas Pak Ma'ruf, salah satu polisi yang ditugaskan di perbatasan timur Indonesia.

Uniknya, yang membuat rumah semut ini sebenarnya adalah rayap. Akan tetapi, karena banyak orang yang menganggap rayap itu seperti semut, rumah rayap ini pun disebut rumah semut.

Saya pikir rumah rayap ini gampang roboh jika tersenggol sedikit. Tapi setelah saya pegang, dinding tanahnya sangat kuat sekali. Wow, ternyata rayap juga arsitektur yang hebat ya? Bisa membuat rumah yang kokoh dan kuat.
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Bertamu ke Rumah Semut di Perbatasan Indonesia ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Wednesday 12 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.