Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Monday 10 December 2012

Bayi ini lahir dengan jantung dan gumpalan usus tergantung di luar tubuhnya


Bocah yang terbaring dalam inkubator dengan posisi jantung dan usus di bagian tubuh lain. (Jubi/Ans)
Merauke (10/12)—Bidan praktek dan orangtuanya atas nama, Penina Iba serta keluarga,  sangat kaget dikala melihat  anak mereka lahir dengan jantung dan gumpalan usus yang terletak di bagian luar.
Melihat kondisi bayi tersebut, mereka langsung memutuskan untuk membawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Pantauan tabloidjubi.com di bangsal anak RSUD Merauke, Minggu (9/12), terlihat bayi itu berada dalam inkubator. Sedangkan bagian usus yang menggumpal itu, diberikan perban. Jantungnya berada  di sekitar leher dibiarkan dan terlihat bergerak sangat cepat. Sementara sang bayi, sedang tertidur.
Direktur RSUD Merauke, Adolf Bolang yang ditemui diruang kerjanya mengungkapkan, pihaknya sudah melihat secara langsung kondisi bayi. Dimana, jantungnya bersama usul berada  di bagian tubuh lain. “Memang ini adalah suatu kejadian pertama ketika saya bertugas di RSUD Merauke sejak tahun 2004 silam. Beberapa dokter senior yang ditanyakan juga, mereka mengaku baru pertama kali ada kasus seperti demikian,” katanya.
Dengan melihat kondisi bayi seperti itu, kata Bolang, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Dokter spesialis anak sudah melakukan pemeriksaan dan hanya bisa dirujuk ke Jakarta. Karena peralatan di sini sangatlah minim dan harus lebih dari satu dokter spesialis yang menangani untuk dilakukan operasi lebih lanjut. “Kita  tidak bisa berbuat banyak mengingat peralatan kesehatan sangatminim,” ungkapnya.
Bolang juga mengaku, tentunya pihak penerbangan juga akan berkeberatan untuk membawa bayi di atas pesawat. Sesuai aturan, minimal sudah harus tiga bulan. Sementara yang terjadi sekarang, baru satu hari setelah dilahirkan di salah satu bidan swasta di Buti, Kelurahan Samkakai.
“Memang belum ada pembicaraan antara dokter spesialis bersama orangtua bayi. Tetapi saya sarankan agar lebih cepat disampaikan, sehingga pihak keluarga juga mengetahui pasti,” tandasnya.
Ditambahkan, tentunya harus dilakukan operasi terlebih dahulu guna jantung bersama ususnya di kembalikan pada tempatnya. Dan, itu hanya bisa dilakukan di rumah sakit dengan peralatan canggih dan juga lebih dari satu dokter spesialis. “Memang kita akan berusaha untuk menjaga bayi selama dalam inkubator. Tetapi dikawatirkan saat akan dibuka, kuman juga bisa ikut masuk. Nah, ini yang kita takutkan,” ungkapnya.(Jubi/Ans)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Bayi ini lahir dengan jantung dan gumpalan usus tergantung di luar tubuhnya ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Monday 10 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.