Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Saturday, 8 December 2012

AIPID Bentuk Koalisi CSO


MERAUKE - Australia Indonesia Partnership For Decentralisation (AIPD) menggelar kegiatan guna pembentukan bangun koalisi (jaringan) Civil Society Organization (CSO) atau Organisasi Masyarakat Sipil  bagi 22 orang aktivis CSO di Kabupaten Merauke. Kegiatan tersebut digelar di ruang rapat Bappeda Merauke, Jumat (7/12) kemarin.
Fasilitator BK CSO, Bastian Hendro Wibowo, mengatakan, pembentukan koalisi berguna agar CSO dapat terlibat dalam setiap perencanaan, penganggaran dan pengawasan penggunaan anggaran publik. Keterlibatan itu dalam rangka penguatan dan pengefektifan otonomi daerah untuk perbaikan pelayanan publik serta pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke.
“CSO perlu diperkuat dalam hal pengawalan anggaran APBD agar pelayanan publik dapat memuaskan dan pelayanan itu dari waktu ke waktu semakin meningkat. Mereka tidak dapat berjalan sendiri, maka CSO yang ada itu perlu di bangun koalisi atau berjejaring. Satu hal kalau pekerjaan itu dikawal oleh orang banyak, maka akan banyak hal yang terkontrol dan terkoordinasi dengan baik,” katanya.
Dikatakan Hendro, kapasitas dan pengetahuan CSO dalam partisipasinya terhadap perencanaan, penganggaran dan pengawasan penggunaan anggaran publik perlu ditingkatkan dan didampingi secara teknis. Perlu disediakannya sumber pngetahuan bagi CSO untuk memahami pendapatan daerah, belanja daerah dan mekanisme keuangan daerah.
“Ada perubahan paradigma, dulu seolah terpisah antara pemerintah dan CSO, cenderung dianggap beroposisi, padahal apa yang dikerjakan adalah sama demi kepentingan masyarakat. Sekarang pemerintah dan CSO perlu membangun koordinasi yang sinergis dalam meningkatkan pelayanan publik. Bersinergis bukan berarti CSO dikooptasi oleh pemerintah, namun ada semangat check and balance atau upaya dan kekuatan mengontrol bersama,” ujarnya.
Ditambahkannya, pemetaan dan penguatan CSO di kabupaten terfokus pada peningkatan kapasitas dan pendampingan. Jaringan CSO di kabupaten merupakan representatif dari masyarakat terhadap perencanaan, penganggaran dan pengawasan pembangunan di daerah. Dibentuknya koalisi CSO untuk melakukan advokasi, khususnya advokasi anggaran sebagai gerakan sosial dari masyarakat.
“CSO lokal didorong untuk fokus pada isu-isu dalam sektor kunci pembangunan agar mereka dapat meningkatkan perannya serta menjadi mitra pemerintah daerah dan DPRD. Pembentukan jaringan itu dilakukan melalui pendampingan koalisi agar dapat terlibat dalam setiap perencanaan pembangunan,” tandasnya. (lea/achi/LO1)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel AIPID Bentuk Koalisi CSO ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Saturday, 8 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.