Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Tuesday 20 November 2012

Masalah Gizi Buruk Berhubungan Erat dengan Status Ekonomi Masyarakat


Merauke – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr Stefanus Osok mengatakan, masalah gizi buruk di semua daerah, termasuk Kabupaten Merauke belum bisa diintervensi karena hal itu berkaitan langsung dengan status ekonomi masyarakat. Menurutnya, selama status ekonomi masyarakat tidak menunjukan peningkatan yang lebih baik, maka secara otomatis masalah gizi buruk itu akan berjalan linear dengan status ekonomi tersebut.
“Jadi salah satu persoalan utama dalam gizi buruk ini adalah status ekonomi dan ini merata,” kata Osok.
Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke prosentase angka gizi kurang dan gizi buruk di Merauke berada pada angka sekitar 20 persen dari jumlah balita yang ada saat ini. Dijelaskan Osok, angka kasus gizi kurang sekitar 7 persen sedangkan sisanya untuk gizi buruk.
“Berdasarkan target MDGS angka gizi kurang tidak boleh lebih dari 15 persen dan gizi buruk tidak boleh lebih dari 5 persen. kalau gizi kurang dan buruk tidak boleh lebih dari 15 persen,” terangnya.
Lebih gamblang mengapa masih ada balita yang mengalami kekurangan gizi, menurutnya karena asupan makanan yang dikonsumsi balita bersangkutan belum sesuai dengan takaran gizi yang sudah ditentukan.
“Yang disebut sebagai makanan bergizi itu kalau dalam makanan tersebut asupan gizinya seimbang. Contoh makanan yang bergizi adalah makanan berkarbohidrat, terus ada protein, lemak dan buah-buahan serta sayur-sayuran. Jadi semua ini harus ada dalam makanan yang akan dikonsumsi, kemudian ditambah dengan susu. Makanya dulu ada disebut empat sehat lima sempurna,” akunya seraya menyayangkan hingga saat ini masih ada masyarakat Merauke hanya makan sagu semata.
“Dan kita tidak bisa salahkan masyarakat juga karena ini menjadi tugas Pemerintah untuk bagaimana mendorong masyarakat melalui dinas-dinas terkait agar di dalam kampung itu ditanami sayur, buah-buah dan tentunya sektor ekonomi di kampung dikembangkan. Dengan begini masyarakat kita bisa dapat meningkatkan gizinya,” imbuhnya. (lea/achi/lo1)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Masalah Gizi Buruk Berhubungan Erat dengan Status Ekonomi Masyarakat ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Tuesday 20 November 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.