Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Wednesday 14 November 2012

Gizi Buruk Di Merauke Masih Tergolong Tinggi

Merauke, media Center - Meski   secara nasional prevalensi kurang gizi untuk balita telah mengalami penurunan  menjadi 17,9 persen namun di Kabupaten Merauke prevalensi kurang dan gizi buruk masih cukup tinggi.
Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten Merauke dr  Stefanus Osok, mengungkapkan prevalensi kurang gizi dan gizi buruk di Kabupaten Merauke masih berkisar 20-an persen dari jumlah balita.
‘’Kalau saya  lihat angka kurang gizi dan gizi buruk di daerah kita Kabupaten Merauke saya lihat masih cenderung cukup besar. Sekitar 20 persen. Belum ada intervensi-intevensi yang bermakna karena karena masalah gizi ini  sangat terkait dengan status ekonomi masyarakat,’’ kata  Stefanus Osok,  Selasa (13/11).
Menurut Stefanus Osok, selama status ekonomi masyarakat tidak membaik maka gizi masyarakat akan tetap tinggi. Sebab,  status ekonomi linier dengan gizi masyarakat. ‘’Memang persoalan kita di disini adalah masalah status ekonomi. Dan saya lihat hampir merata,’’ terangnya. 
Dikatakan, target dari  Rikesda kurang gizi dan gizi buruk tersebut tidak boleh lebih dari 15 pesen. Sedangkan kurang dan gizi buruknya tidak boleh lebih dari 5 persen. Karena itu, lanjutnya, dengan  kondisi tersebut masih banyak yang perlu diintervensi terutama dalam hal pemenuhan gizi masyarakat.  
‘’Selain karbohidrat, juga ada  protein dan lemak.  Kalau pemenuhan karbohidrat mungkin bolehlah. Karena ada beras, sagu  dan umbi-umbian. Lalu protein juga ya, karena ada ikan dan daging. Tapi kalau bicara sayur dan buah-buahan itu sangat kurang dikonsumsi oleh masyarakat terutama yang berada di kampung-kampung. sementara makanan bergizi itu ada misalnya nasi, sayur, daging, buah-buahan dan kalau perlu ada susu,’’ jelasnya.  
Menurut Stefanus Osok, daalam hal masalah  gizi kurang dan gizi buruk kadang-kadang Dinas Kesehatan sebagai pihak yang dipersalahkan masyarakat. Padahal,  masalah pemenuhan makanan yang seimbang  bagi masyarakat bukan domain dari Dinas Kesehatan.  
‘’Jadi bagaimana pemberdayaan kepada masyarakat sehingga  masyarakat bisa memiliki kemampuan dan kemandirian menanam   sayur-sayuran dan buah-buahan di sekitar lingkungan mereka. Kalau bicara lahan, saya pikir kita di Merauke terutama di kampung-kampung masih  cukup tersedia,’’  tambahnya. (02/media center)  
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Gizi Buruk Di Merauke Masih Tergolong Tinggi ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Wednesday 14 November 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.