Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Saturday 14 February 2009

PLN Papua Kembangan Desa Mandiri Listrik Bagi Masyarakat Yang Jauh Dari Jangkauan Listrik

Untuk memberikan pelayanan kelistrikan bagi warga terutama di daerah pemukiman yang jauh dari jangkuan listrik, maka Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Papua sedang mencari lahan untuk pengembangan Desa Mandiri Listrik dengan memanfaatkan sistem pembangkit mikro hidrolik.

Demikian diungkapkan Manajer Cabang PLN Jayapura JA Ari Dartomo kepada JUBI diruang kerjanya, Jumat (13/2). Menurut Ari Dartomo, pihaknya memilih pengembangan Desa Mandiri Listrik menggunakan tenaga mikro hidrolik (tenaga air) lantaran murah dan kelangsungan hidupnya lebih terjamin.

Menurut Ari Dartomo, pengembangan Desa Mandiri Listrik menunjukkan PLN Papua tak hanya hadir sebagai BUMN yang dikelola secara bisnis murni, tetapi ini juga merupakan wujud dari tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CRS) kepada masyarakat."Kami sedang mencari lahan potensial yang ada terutama di daerah pemukiman dan jauh dari jangkauan listrik PLN. Jika dianggap layak maka daerah tersebut digunakan untuk sarana mesin pembangkit dengan mengembangkan Desa Mandiri Listrik. Paling tidak tahun 2009 ini Desa Mandiri Listrik dapat terealisasi," ujarnya.

Karena itu, tukas Ari Dartomo, sebelum Desa Mandiri Listrik ini direalisasikan, maka warga yang tinggal di lokasi pengembangan Desa Mandiri Listrik akan diberikan pelatihan dan pendidikan terkait pengelolaan listrik yang terdiri dari pengoperasian, pemeliharan dan manajemen pengelolaan."Kita hanya kasih penerangan setelah itu dilepas masyarakat kelola secara mandiri dan bertanggung jawab untuk membiayai operasional pengelolaan listrik tersebut, " ujar Ari Dartomo.

Dalam pengelolaan listrik bagi warga, menurut Ari Dartomo, seperti pembiayaan dan pemeliharaan rutin, tarif, penjualan rekening dan lain-lain. "Mereka juga dilatih untuk melakukan pemeliharaan listrik apabila mesin pembangkit mengalami gangguan atau over full (turun mesin) yang butuh biaya besar," cetus Ari Dartomo, seraya menambahkan, apabila terdapat gangguan mesin listrik, maka masyarakat harus mampu memperbaikinya." Ari Dartomo mengungkapkan, perihal besarnya tarif pelanggan dan penjualan rekening listrik, maka masyarakat sendiri akan menyesuaikan dengan keadaan dan pendapatan mereka. (Musa Abubar)

Sumber : Tabloid Jubi

Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel PLN Papua Kembangan Desa Mandiri Listrik Bagi Masyarakat Yang Jauh Dari Jangkauan Listrik ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Saturday 14 February 2009. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.