Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Friday 11 October 2013

Dari Larantuka Berlayar ke Merauke



KOMPAS — Setelah berkendara sejauh 5.585 kilometer dari Sabang, Aceh, tiba juga kami di Pelabuhan Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Rabu (9/10/2013). Perjalanan darat Tim Ekspedisi Sabang-Merauke: ”Kota dan Jejak Peradaban” harian Kompasselama 20 hari menggunakan dua mobil berakhir di sini.

Kami pun berlayar menuju Merauke, Papua, menumpang Kapal Navigasi (KN) Bimasakti milik Kementerian Perhubungan. Kami meninggalkan Larantuka pukul 15.00 Wita. Kami akan mengarungi Laut Banda dan Laut Arafura sekitar 20 hari melewati gugusan pulau di ujung Nusa Tenggara Timur, Maluku Tenggara, hingga Papua.

Kepala Distrik Navigasi Kupang, Renen Manganguwi mewakili Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono melepas kami di Pelabuhan Larantuka. KN Bimasakti merupakan satu dari 61 kapal negara kenavigasian yang dioperasikan Kemenhub.

Tim Ekspedisi Sabang-Merauke Kompas melanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, menuju Pulau Alor dengan menggunakan Kapal Navigasi Bimasakti Utama milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Rabu (9/10/2013). Tim akan singgah di sejumlah pulau terluar dalam perjalanan mereka menuju Merauke, Papua. | KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Armada kapal navigasi berfungsi memasang, memelihara, merawat, dan mengamati/inspeksi sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP), memasok logistik untuk pengoperasian SBNP, gilir tugas penjaga menara suar (PMS), survei lokasi, survei alur, dan pelintasan. Armada kapal navigasi juga turut membantu tugas pencarian dan penyelamatan (search and rescue/SAR) di laut dan tugas pemerintahan lainnya.

Kapal buatan Belanda tahun 1983 ini diserahkan oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal pada 2008 dan peresmian pengoperasiannya dilakukan di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Januari 2009. KN Bimasakti yang dipimpin nakhoda Suntoro ini dioperasikan oleh 34 awak.

Pelayaran ini merupakan etape terberat dalam perjalanan Tim Ekspedisi Sabang-Merauke: ”Kota dan Jejak Peradaban” mengelilingi Indonesia. Apalagi sebagian besar dari enam anggota tim bukan anak pantai yang biasa menantang gelombang samudra. Namun, tekad meliput kehidupan masyarakat di pulau-pulau terpencil seperti Alor, Babar, Wetar, hingga Tual, meredam kekhawatiran mabuk laut. (mhf/otw/ham)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Dari Larantuka Berlayar ke Merauke ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Friday 11 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.