MERAUKE- Bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka, MT, mengingatkan untuk mengelola anggaran dan mengikuti kalender anggaran dengan baik. Hal ini disampaikan saat Bupati Mbaraka secara resmi menyerahkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) 2012 kepada SKPD-SKPD yang ada di lingkup Pemkab Merauke, Rabu (1/2).
Penyerahan DPA tersebut dilakukan secara simbolis diterima 4 SKPD yakni Dinas Bina Marga dan Pengairan, Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB dan Dinas kesehatan. Penyerahan DPA diawal tahun tersebut merupakan yang pertama kalinya terjadi di lingkup Pemkab Merauke karena penetapan anggaran yang digelar di akhir tahun sebelumnya.
‘’Dua minggu kedepan ini, saya minta semua mitra kerja pemerintah untuk dihimpun, karena akan dipilah mana yang akan didorong dengan kebijakan dan mana yang akan diumumkan melalui pelelangan elektronik,’’ kata Bupati.
Sesuai dengan kalender anggaran, lanjut Bupati Romanus, untuk kegiatan-kegiatan fisik akan mulai berjalan 1 Maret. Para pimpinan SKPD juga diingatkan agar dalam membuat kegiatan semua diurai untuk perencanaan.
‘’Harga satuan kegiatan dan harga satuan umum untuk diperhatikan dengan baik. Kalau tidak diperhatikan, ujung-ujungnya nanti akan berdampak pada penyelesaian dan kualitas dari pekerjaan itu. Kalau tidak dihitung dengan baik maka kualitas pekerjaan jauh dari yang diharapkan. Dan itu tidak diinginkan,’’ tandasnya.
Bupati Romanus Mbaraka mengingatkan setiap SKPD agar setiap mitra kerja yang mendapatkan paket pekerjaan tersebut nantinya untuk wajib membuat papan nama dari setiap kegiatan tersebut agar masyarakat turut mengawasi. ‘’Jadi gambar kerja harus dibuat dalam bentuk aoutdoor,’’ tandasnya.
Sekadar diketahui, pada tahun 2012 ini APBD Kabupaten Merauke ditetapkan sebesar Rp 1,253 triliun dimana Rp 598,558 miliar lebih dan belanja langsung sebesar Rp 654,701 miliar lebih untuk belanja tidak langsung. (ulo/nan)
Penyerahan DPA tersebut dilakukan secara simbolis diterima 4 SKPD yakni Dinas Bina Marga dan Pengairan, Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB dan Dinas kesehatan. Penyerahan DPA diawal tahun tersebut merupakan yang pertama kalinya terjadi di lingkup Pemkab Merauke karena penetapan anggaran yang digelar di akhir tahun sebelumnya.
‘’Dua minggu kedepan ini, saya minta semua mitra kerja pemerintah untuk dihimpun, karena akan dipilah mana yang akan didorong dengan kebijakan dan mana yang akan diumumkan melalui pelelangan elektronik,’’ kata Bupati.
Sesuai dengan kalender anggaran, lanjut Bupati Romanus, untuk kegiatan-kegiatan fisik akan mulai berjalan 1 Maret. Para pimpinan SKPD juga diingatkan agar dalam membuat kegiatan semua diurai untuk perencanaan.
‘’Harga satuan kegiatan dan harga satuan umum untuk diperhatikan dengan baik. Kalau tidak diperhatikan, ujung-ujungnya nanti akan berdampak pada penyelesaian dan kualitas dari pekerjaan itu. Kalau tidak dihitung dengan baik maka kualitas pekerjaan jauh dari yang diharapkan. Dan itu tidak diinginkan,’’ tandasnya.
Bupati Romanus Mbaraka mengingatkan setiap SKPD agar setiap mitra kerja yang mendapatkan paket pekerjaan tersebut nantinya untuk wajib membuat papan nama dari setiap kegiatan tersebut agar masyarakat turut mengawasi. ‘’Jadi gambar kerja harus dibuat dalam bentuk aoutdoor,’’ tandasnya.
Sekadar diketahui, pada tahun 2012 ini APBD Kabupaten Merauke ditetapkan sebesar Rp 1,253 triliun dimana Rp 598,558 miliar lebih dan belanja langsung sebesar Rp 654,701 miliar lebih untuk belanja tidak langsung. (ulo/nan)