Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Tuesday 6 January 2009

Warga Kota Merauke Nikmati Air bersih, Warga Pemilik Minum Air Kotor



Sejumlah warga yang mendiami kampung Rawa Biru keluhkan pemanfaatan air danau rawa biru yang hingga kini tak dirasakan oleh masyarakat pemilik Daerah Aliran Sungai (DAS). Sejak 1959, warga di kampung rawa biru tak pernah merasakan bersihnya air rawa biru setelah dilakukan pengolahan oleh pihak instansi teknis terkait, sehingga ini dirasakan oleh sebagian besar warga Kampung Rawa Biru sebagai suatu ketidakadilan. Hal ini dibenarkan Kepala Kampung Rawa Biru Patrisius Sanggra, ketika dijumpai dikediamannya di Kampung Rawa Biru Distrik Sota ( 6/1).
Dirinya mengatakan, bahwa selama ini bersihnya air danau Rawa Biru yang merupakan satu-satunya sumber mata air bersih di Kabupaten Merauke, hanya dirasakan oleh masyarakat perkotaan yang dialirkan melalui Perusahaan Air Minum. “Kami ini sebagai pemilik hak ulayat hanya menikmati air kotor saja. Kenapa pemerintah tidak membuat pipa yang diarahkan pada warga di kampung kami?”, keluh Sanggra.

Esibius Ndimar, salah seorang warga Kampung Rawa Biru yang dikonfirmasi secara terpisah mengatakan hal yang sama. Selama ini warga hanya memanfaatkan air rawa biru tanpa diproses menjadi bersih karena keterbatasan pengetahuan. Sementara itu, sumber air rawa birupun semakin sempit karena kini telah dipenuhi oleh tanaman eceng gondok. “Seharusnya pemerintah memberikan kompensasi atas apa yang telah mereka manfaatkan untuk kepentingan orang banyak. Namun perhatianpun masih sangat sedikit kami terima”, ujar Esibius.

Keduanya sama-sama berharap agar pemerintah segera membuat saluran air bersih bagi warga disekitar Rawa Biru, agar pemenuhan akan ketersediaan air bersih dapat terpenuhi. (drie/Merauke)

http://www.tabloidjubi.com/index.php?option=com_content&task=view&id=870&Itemid=9
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Warga Kota Merauke Nikmati Air bersih, Warga Pemilik Minum Air Kotor ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Tuesday 6 January 2009. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.