Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Thursday 18 December 2008

Limbah Tambang PNG Cemari Aliran Kali Maro


Kali Maro Merauke

Pencemaran zat mercury yang berasal dari aktivitas pertambangan Oktedining Limited yang terletak di Tabubil Papua New Guinea telah mencemari sejumlah aliran sungai di Papua termasuk sungai Digul, Kali Kau dan Kali Maro di Kabupaten Merauke. Ironisnya warga masyarakat yang berdiam diwilayah aliran sungai tersebut tidak ada yang mengetahui. Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran tersebut menyebabkan matinya jenis binatang air dan rusaknya tumbuh-tumbuhan yang ada disekitarnya. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Yayasan Papua Mandiri Marcelino Kamerop yang dijumpai dikediamannya hari ini (16/12).

Marcelino yang kerap berkunjung ke wilayah perbatasan tersebut mengatakan, upaya penelitian untuk mengetahui zat-zat yang terkandung dalam limbah tambang, telah dilakukan oleh pihak distrik Mindiptana di Boven Digoel namun hingga kini belum ada realisasi untuk mengantisipasi semakin meluasnya pencemaran lingkungan.

Dirinya pernah melakukan kunjungan ke PNG untuk menyelesaikan permasalahan ini. dalam pertemuan tersebut PNG memberikan respon untuk membantu menyelesaikan masalah ini. “Disamping itu, kami juga menuntut pihak PNG untuk memberikan kompensasi atas wilayah yang telah tercemar berupa pembangunan infrastruktur dan sejumlah uang”, katanya.

Ditanyai mengenai koordinasi dengan pemerintah daerah, dirinya mengaku telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup, Pertambangan dan Energi Kabupaten Merauke, namun sayangnya dinas tersebut mengalami kesulitan untuk melakukan penelitian ke daerah tersebut dalam pengambilan sampel.


Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Limbah Tambang PNG Cemari Aliran Kali Maro ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Thursday 18 December 2008. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.