Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Wednesday 23 October 2013

Tak Selamanya Investor Menyusahkan Masyarakat



Merauke (Sulpa) – Tak selamanya investor yang masuk dan beroperasi di Kabupaten Merauke menyusahkan masyarakat setempat. Hal itu dibuktikan oleh warga di Kampung Alvasera, Distrik Muting, Kabupaten Merauke. Warga di daerah itu merasa diberdayakan oleh PT. Agroprima Cipta Persada (ACP), perusahan yang bergerak dalam pengelolaan kelapa sawit di daerah itu.

Wakil Ketua Marga Ndiken Kampung Alvasera, Esesibus Ndiken, mengatakan, warga setempat merasakan perusahaan tersebut berkontribusi bagi kemajuan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Disampaikan, perusahaan membuka lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja masyarakat lokal 12 kampung di Distrik Muting dengan cara membeli kayu produksi masyarakat setempat. Perusahaan juga membantu beasiswa kepada para pelajar di daerah itu serta membantu pembangunan jalan.

“Kehadiran PT ACP sangat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat kami. Kayu yang ditebang untuk lahan perkebunan perusahan kami yang kelola dan perusahan membelinya dengan harga Rp 800 ribu per meter kubik. Anak-anak kami juga diberi beasiswa oleh perusahan dan perusahan juga membantu pembangunan jalan guna memperlancar akses transportasi masyarakat,” ujar Esebius.

Katanya, perusahan juga menghargai adat setempat. Lahan atau hutan sakral dilindungi dan diperhatikan tidak ditebang untuk lahan kelapa sawit. Diharapkan perusahaan cepat mengelola lahan sawit supaya tenaga kerja lokal yang lebih diprioritaskan kepada putra daerah (anak asli Papua).

“Meskipun belum optimal perusahan telah menyerap tenaga warga setempat, ada yang sudah bekerja di kebun, ada yang di bagian administrasi dan yang satpam. Ke depannya kita berharap perusahan bisa merekrut anak-anak asli lainya. Sudah bagus perusahaan memberikan upah Rp 68.400 per hari, sebulan pekerja bisa menerima gaji sekitar Rp 1,7 juta sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Jadi, jika ada yang berkata investor menyusahkan masyarakat. Saya rasa tak semua investor membuat sudah masyarakat,” ungkap Esebius. (D/CR3/R5)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Tak Selamanya Investor Menyusahkan Masyarakat ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Wednesday 23 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.