Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Tuesday 29 October 2013

MERAUKE TEMBUS ANGKA 1615 KASUS HIV BULAN AGUSTUS 2013



Ketua Pokja Media KPA Papua, Agus Fauzi (kiri) dan Sekretaris KPA Kabupaten Merauke, Heny Astuti Suparman, SH (Jubi/Roberth)

Merauke, 28/10, (Jubi) – HIV di Kabupaten Merauke hingga bulan Agustus 2013, mencapai 1615 kasus. Dengan perincian angka kasus HIV 837 dan AIDS 738 serta yang meninggal sebanyak 410. Dan menururut jenis kelamin, laki-laki 769 dan perempuan 800.

“Jika dilihat dari fenomena ini perempuan lebih banyak dari laki, padahal laki-laki terkenal dengan empat M, Man, Money, Mobile dan Macho. Ternyata perempuan lebih tinggi,” ujar Sekretaris KPA Kabupaten Merauke, Heny Astuti Suparman, SH, pada acara penguatan dan pembentukan Pokja Media di Kabupaten Merauke Kerjasama KPA Provinsi Papua dengan KPA Kabupaten Merauke, Senin, (28/10) di ruang rapat KPA Merauke-Papua.

Dia memaparkan situasi setelah ada pusat VCT, khususnya ibu hamil terdapat 2163 yang sudah melakukan tes. Dari angka itu 11 ibu hamil positif HIV atau mencapai 0,51%. Bahkan di Merauke ibu rumah tangga mencapai 230 kasus dan tertinggi. Kemudian PNS 93 kasus, TNI 33 kasus dan Polisi 5 kasus. Dan yang mengagetkan, di lingkungan para petani terdapat 127 kasus padahal di kalangan PSK jauh lebih kecil yakni 121 kasus.


KPA Merauke dalam hal ini dituntut melakukan inovasi, yakni program harmonisasi hubungan pemerintah dan non pemerintah (LSM), kebijakan pembentukan tim KPA tahun 1993, Peraturan Daerah (Perda) Nomor: 5 Tahun 2003 yang berkaitan dengan IMS, HIV dan AIDS yang merupakan kegiatan 1 pintu. Kebijakan lain adalah keseriusan pemerintah dalam penganggaran kepada KPA setempat dimana terjadi peningkatan untuk tahun 2012 dianggarkan Rp 2,4 M yang tersebar di LSM, SKPD dan Sekretaris KPA.

Ketua Pokja Media KPA Papua, Agus Fauzi mengakui kehadiran tim Pokja Media KPA ke Merauke bertujuan ingin mendapatkan masukan karena di Merauke penanganan HIV termasuk paling bagus tingkat nasional.

“Ini yang kami harus belajar agar di tingkat Provinsi termasuk dari Kabupaten juga bisa belajar ke Merauke. Saking bagusnya penanganan HIV dan AIDS, beberapa kabupaten/kota pernah belajar ke Merauke, masing-masing Kabuapten Wamena, Biak Numfor, Kota Jayapura dan Kaimana.” ujar Agus Fauzi. (Jubi/Roberth Wanggai)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel MERAUKE TEMBUS ANGKA 1615 KASUS HIV BULAN AGUSTUS 2013 ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Tuesday 29 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.