Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Thursday 17 October 2013

Bisnis Pertambangan Boleh Berjalan Asal Tidak Merusak Lingkungan



JAYAPURA [PAPOS] – Menteri Lingkungan Hidup (LH) Republik Indonesia Prof Balthasar Kambuaya, Mba menegaskan bisnis pertambangan boleh berjalan di Indonesia asal tidak merusak lingkungan


Penegasan Menteri LH ini disampaikannya saat membuka Workshop Pemanfaatan Tailing kemarin siang Rabu (16/10) di Swissbell Hotel.

Sementara itu usai membuka acara kepada wartawan dijelaskannya, pada tahun 2007 tailing sudah pernah dimanfaatkan di Kab Merauke untuk pembangunan ruas jalan. “Tetapi perkembangan selanjutnya kami tidak tahu,”ujarnya.

Menurutnya workshop Pemanfaatan Tailing ini sangat penting untuk pengelolaan sumber daya alam yang berkaitan dengan tambang mineral dan lain sebagainya, terutama tambang yang menghasilkan tailang yang begitu banyak. Menurutnya Workshop ini mendiskusikan bagaimana penggunaan dari pemanfaatan itu.

Diakuinya tailing sudah pernah dimamfaatkan. Sekarang ini juga sudah digunakan untuk jalan di Timika. Kemudian pernah juga dipergunakan di Merauke menjadi pasir dan sebagainya.

Dijelaskannya memang ada aturan Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 1999 jo 85 Thn 1999 perubahan tentang pengelolaan limbah, bahan berbahaya dan beracun (B3), yang mengatakan bahwa tailing itu adalah bahan beracun,

Hal inilah yang menyebabkan proses ini terhenti, karena PP yang dikeluarkan itu, yang harus didiskusikan. “Sehingga kita harus mencoba merubah cara pandang seperti tadi. Kita saat ini melihat tailing sebagai sumber daya yang dimanfaatkan,”terangnya.

Diharapkan dari workshop ini bisa menghasilkan pemikiran, lalu kebijakan bisa dibuat dalam kaitan dengan itu. Saat ini Kementrian Lingkungan Hidup berusaha sedapat mungkin tailing ini digunakan untuk kepentingan pembangunan dan infrastruktur.

Dalam artian pihaknya, akan terus melihat dampaknya sekecil mungkin, baik untuk lingkungan terutama untuk kesehatan manusia, dalam jangka panjang.

“Sekarang mungkin kita melihat itu, misalnya akibat dari tailing dan bukan hanya Freeport tapi secara umum. Mungkin dampak dari tailing itu, kalau ada bahan racun berpengaruh misalnya air minum, pengaruh ke tanah terkontaminasi terhadap makanan dalam jangka pendek mungkin dampaknya tidak terlihat. Tetapi dalam jangka panjang bisa terjadi dampak itu. Ini yang disebutkan dalam peraturan, kita harus melihat lagi dalam diskusi ini. Apakah nantinya ada kebijakan yang dibuat dan meminimalisir dampak negatifnya. Sehingga tailing bisa dimanfaatkan,”jelasnya panjang lebar.[tho]
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Bisnis Pertambangan Boleh Berjalan Asal Tidak Merusak Lingkungan ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Thursday 17 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.