Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Thursday 21 February 2013

Sejumlah Pelabuhan di Mapi Mulai Dikelola


KEPI[PAPOS]- Sekretaris Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Mappi, Herman Coor Engel, SH, mengatakan beberapa titik pelabuhan yang terdapat di wilayah Kabupaten Mappi akan mulai dikelola oleh Dinhub Kabupaten Mappi secara baik.
Menurutnya, mulai tahun ini, pegawai dari Dinhub Kabupaten Mappi akan ditempatkan di beberapa titik pelabuhan tersebut.   Diakui bahwa beberapa wilayah distrik di daerah ini sudah memilik dermaga pelabuhannya dan kapal-kapal bertonase yang cukup besar sudah masuk.
“Memang, selama ini, menyangkut Retribusi tetap ditangani pihak distrik, namun, nampaknya belum maksimal, terutama dari sisi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), maka rencana kita tahun ini kita mulai tempatkan petugas kita di sana,” katanya baru-baru ini di Kepi. 
Dia menurutrkan, melihat intensitas kapal yang masuk dengan beragam jenis kapal, maka sewajarnya kalau pelabuhan-pelabuhan ini mulai dikelolah secara baik sehingga berdampak secara signifikan bagi peningkatan PAD di Kabupaten Mappi. Dan untuk tahun ini rencana penempatan staf-staf Dinhub hanya fokus di empat titik saja yakni wilayah pelabuhan yang besar seperti pelabuhan Bade di distrik Edera, Pelabuhan Senggo di distrik Citak Mitak, Pelabuhan Mur di Distrik Nambai dan Pelabuhan Eci di distrik Assue.
Petugas Dinhub yang ditempatkan dibeberapa titik tersebut lanjutnya tidak saja mengelolah pelabuhan tetapi juga mengelolah angkutan darat dan sungai. Selain itu, penempatan petugas ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat demi peningkatan APD di Kabupaten Mappi, yang selama ini belum ditangani secara maksimal terhadap daerah.
“Selama ini keterbatas SDM perhubungan sehingga belum maksimal dalam pengelolaan pelabuhan dan angkutan milik Pemkab sehingga hal ini berpengaruh terhadap PAD. Maka tahun ini mulai ditempatkan petugas ke empat titik pelabuhan,”ungkapnya.
Terkait fasilitas di titik pelabuhan tersebut, kata Herman, sudah ada seperti rumah dan kantor perhubungan. Sehingga, soal rencana penempatan petugasnya itu sama sekali tidak ada masalah, fasilitas untuk staf yang akan ditempat di sejumlah tempat pelabuhan ini sudah tersedia. Penempatan petugas perhubungan ini juga karena terkait rencana pengembangan sejumlah dermaga pelabuhan di daerah kedepan yang terus dilakaukan. Seperti di Senggo, dermaga pelabuhannya akan terus dikembangkan.
Dari sisi kesiapan SDM petugas perhubungan,nampaknya para petugas perhubungan yang nanti akan ditempatkan di sejumlah titik pelabuhan ini rata-rata pegawai yang sudah terlatih melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat-Diklat). Oleh karena itu. Sehingga soal SDM petugas tidak ada kendala.
“Mereka rata-rata sudah dibekali, sesuai Perda No. 5 Tahun 2011 tentang jasa umum dan jenis-jenis retribusi yang terkait dengan jasa perhubungan. Jadi, petugas kita memang sudah dilatih,”katanya.[ida/nes]
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Sejumlah Pelabuhan di Mapi Mulai Dikelola ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Thursday 21 February 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.