Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Friday 8 February 2013

40,38 Persen Pemilih di Merauke Tidak Mencoblos


MERAUKE, KOMPAS.com — Tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Merauke dalam pilkada Papua sebesar 59,62 persen. Ini berarti 40,38 pemilih tidak mencoblos dalam pilkada yang digelar 29 Januari lalu itu.
Hal itu terlihat dari data hasil rekapitulasi suara pilkada Papua di Merauke, Kamis (7/2/2013).
Hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merauke menunjukkan, dari jumlah total pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) Merauke sebanyak 129.650 orang, hanya 77.300 pemilih yang mencoblos (59,62 persen). Sebanyak 52.350 pemilih tidak menggunakan hak pilihnya(40,38 persen). Tercatat jumlah suara sah adalah 72.845, sedangkan suara tidak sah 4.455.
Ketua KPU Merauke Antonius Kaize mengatakan, tingkat partisipasi pemilih yang rendah berada di wilayah perkotaan, sedangkan di distrik-distrik pedalaman justru tinggi.
Menurut Antonius, rendahnya tingkat partisipasi pemilih tersebut dipengaruhi oleh faktor pilihan politik para pemilih, yaitu mau menggunakan hak pilihnya atau tidak. Sebagai penyelenggara pemilu, KPU tidak bisa memaksakan pemilih untuk mencoblos dalam pemungutan suara.
Ketua Panwaslu Merauke Tukdjo juga menilai, rendahnya tingkat partisipasi pemilih karena pilihan politik pemilih untuk tidak memberikan suaranya. Masyarakat telah jenuh dengan banyaknya pemilihan umum, antara lain pemilu legislatif, pemilu presiden, pemilu bupati, dan pemilihan gubernur.
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel 40,38 Persen Pemilih di Merauke Tidak Mencoblos ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Friday 8 February 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.