Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Monday 12 November 2012

Warga Merauke Dihimbau Waspadai Deman Berdarah

Merauke, Media Center -  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr Stefanus Osok menghimbau warga Merauke untuk mewaspadai wabah demam berdarah dan malaria terkait perubahan musim dari kemarau ke hujan. Sebab, menurutnya   setiap  adanya perubahan musim tersebut selalu disertai dengan peningkatan kasus malaria maupun demam berdarah. ‘’Kita ini sekarang sudah endemik  untuk demam berdarah. Artinya sudah merupakan penyakit tahunan,’’ katanya, Sabtu ( 10/11).  
Diakui Stefanus, setiap minggunya pihaknya melakukan survelens   atau pengamatan penyakit. Jika menemukan adanya peningkatan kasus,  pihaknya langsung melakukan tindakan pencengahan.
Namun menurutnya, tindakan pencengahan  yang dilakukan tersebut tidak cukup dan tidak berarti apa-apa jika masyarakat sendiri tidak waspada dengan melakukan pencengahan dengan tidak membiarkan air tergenang di sekitar lingkungannya. Termasuk menguburkan bekas-bekas kaleng yang  terbuka yang dapat memungkinkan nyamuk demam berdarah berkembang serta melakukan pembersihan sekitar
rumah.
Ditanya antisipasi  kasus diare di beberapa kampung tertentu seperti Wan, Kimaam dan Tabonji yang  setiap tahunnya dialami warga saat pergantian musim dari kemarau ke hujan,  Stefanus Osok mengaku, sudah menjadi rutin melalui Puskesmas memberikan pemahaman kepada masyarakat agar menghindari meminum langsung air mentah tapi terlebih dahulu dimasak agar bakteri yang ada di dalam air tersebut mati.
‘’Karena kadang-kadang masyarakat langsung mengambilnya dari rawa penampungan tanpa dimasak terlebih dahulu langsung minum. Apalagi di daerah-daerah pedalaman untuk mendapatkan air bersih sangat sulit,’’ tambahnya. (02/media center)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Warga Merauke Dihimbau Waspadai Deman Berdarah ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Monday 12 November 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.