Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Wednesday 14 November 2012

Pasar Semi Mall Merauke Yang Segera Diresmikan


2. Pintu utama Pasar Semi  Mall Merauke dari arah Timur
Merauke, media Center - Pasar Semi Mall Merauke yang perencanaan pembangunannya dimulai sejak tahun 2003 lalu itu telah rampung dibangun dan dalam waktu dekat ini akan diresmikan yang terdiri Dari 1.137 Kios dan Los, Semuanya Berlantai Tegel.
Pasar Semi Mall Merauke tersebut dibangun di lahan eks Pasar Ampera yang ludes terbakar pertengahan tahun 2003 atau 9 tahun lalu. Karena ludes terbakar, itu Pemerintah Kabupaten Merauke langsung merencanakan untuk membangun pasar yang lebih presentatif berupa pasar semi mall.  Sedangkan para pedagang korban eks kebakaran dipindahkan ke lokasi baru di belakang puskesmas Mopah Baru Merauke.  
Pasar Semi Mall yang berkontruksi baja ini dibangun mulai sekitar tahun 2005 lalu. Setelah 6 tahun,  pasar semi  mall ini dinyatakan rampung dan akan segera diresmikan yang rencanakan akan digelar akhir bulan November ini.  Bangunan yang terdiri dari 3 lantai ini, terdiri dari 4 blok bangunan dan seluruhnya berlantai tegel.  
Pada lantai dasar,  dengan jumlah 711 kios dan los diperuntukan untuk penjualan mulai dari daging,  sayuran, barang pecah belah sampai pada penjualan sepeda.
‘’Untuk blok I yang berada di sebelah Timur merupakan los untuk penjualan daging babi. Blok ini juga diperuntukan untuk pedagang sepeda,’’ kata salah satu pekerja yang ditemui di sela-sela merampungkan finishing dari pasar semi mall tersebut.  Sedangkan untuk daging biasa mulai dari daging sapi sampai ayam berada pada blok III, sebelah Barat.
Untuk setiap los tersebut berukuran 1 meter yang sudah dipetak-petak  dan disusun secara teratur semuanya berlantai tegel. Sementara lantai  2  juga  mempunyai 4 blok yang  seluruhnya merupakan kios yang diperuntukan untuk penjualan pakaian dan makanan.  
Bangunan ini dilengkapi 8 anak tangga yang seluruhnya secara manual. Lima  tangga naik dan keluar dari lantai dasar ke lantai 2, kemudian 2 tangga lainnya dari lantai 2 ke lantai 3. Sementara satu tangga lainnya khusus untuk naik dan turun ke Mesjid yang disediakan pada lantai 2 bagi  pedagang maupun pengunjung yang melakukan sholat. 
Pada lantai 2 dari bangunan ini sebanyak 410 kios disedikan.  Sedangkan lantai 3 hanya 1 blok karena hanya berada pada bagian tengah dari bangunan tersebut hanya 16 kios yang diperuntukan untuk  pedagang pakaian. ‘’Kalau untuk kios, ukurannya  ada yang 3 x 4 meter dan ada juga 4 x 4 meter,’’ jelasnya.   
Pasar semi mall ini juga dilengkapi dengan  MCK di setiap blok dari bangunan tersebut.  Untuk masuk ke Pasar semi mall yang sudah dipagar kelilimng secara permanen ini, telah disediakan 5 pintu.   2 pintu dari arah utara, kemudian 2 pintu lainnya dari arah Selatan   dan 1 pintu lainnya dari arah Barat.  
Bangunan pasar ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang sudah ditata dengan baik. Tempat parkir ini dibangun di lahan yang sebelumnya untuk perencanaan untuk mall yang berada di bagian Timur dari bangunan tersebut. ‘’Kalau untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan baik roda dua maupun empat masuk ke areal parkir yang sudah disiapkan,’’ katanya.
Sementara itu Kepala Dinas  Cipta Karya kabupaten Merauke Ir. Tjahyo Purnomo sebelumnya mengungkapkan untuk kontruksi mekanikal elektrikal tidak ada masalah.  Termasuk  sanitasi dan air semuanya sudah bagus. Bisa mengalir  dengan baik. Kecuali untuk  limba air seperti  limba daging dan ikan,  diperlukan mobil penyedot.
Karena limba  tersebut tidak bisa langsung dibuang ke drainase. Sedangkan menyangkut sampah pasar, disiapkan 4 mobil kontrainer yang setiap harinya akan membuang sampah yang dihasilkan dari pasar tersebut.  Pasar semi mall ini sendiri menghabiskan dana 135,477  miliar lebih yang bersumber dari APBD Kabupaten Merauke. (02/media center)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Pasar Semi Mall Merauke Yang Segera Diresmikan ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Wednesday 14 November 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.