Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Tuesday, 13 November 2012

Kemiskinan Turun, Ekonomi Masyarakat Asli Masih Rentan


MERAUKE, KOMPAS- Meski angka kemiskinan di Merauke, Provinsi Papua menurun, namun ekonomi masyarakat asli Papua di kabupaten ini masih rentan. Budaya hidup masyarakat asli belum beranjak ke tahap produksi, tetapi masih pada tahap berburu dan meramu.

"Ekonomi kerakyatan sangat rentan," ungkap Bupati Merauke Romanus Mbaraka dalam pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Merauke , Selasa (13/11/2012). Menurut Romanus, warga Marind yang merupakan penduduk asli Merauke masih menggantungkan hidup dari hasil alam untuk mendapatkan penghasilan. Ini berbeda dengan masyarakat asli di Biak, misalnya, yang telah selangkah lebih maju, yaitu mampu berproduksi membuat kerajinan untuk dijual.   
"Kita coba mendongkrak ekonomi rakyat dengan program Gerbangku (Gerakan Pembangunan KampungkuI . Ini Diharapkan mampu mendorong perekonomian rakyat. Tahun 2011 telah dikucurkan dana per kampung Rp 200 juta," katanya.

Namun berdasarkan evaluasi awal, sebagian besar dana dari Program Gerbangku masih digunakan untuk konsumtif atau belum dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi produktif. " Tahun 2013 harus bisa mendorong untuk kegiatan ekonomi produksi", katanya.

Berdasarkan data BPS, angka kemiskinan di Kabupaten Merauke menunjukan penurunan. Pada tahun 2008, tingkat kemiskinan mencapai 15,69 persen. Pada tahun 2010 menurun menjadi 14,54 persen. Romanus meminta dinas-dinas di lingkungan Pemkab Merauke menyusun program kerja pemberdayaan ekonomi rakyat yang disesuaikan dengan karakter wilayah dan masyarakat setempat . Dengan demikian, program itu benar-benar bermanfaat.
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Kemiskinan Turun, Ekonomi Masyarakat Asli Masih Rentan ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Tuesday, 13 November 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.