Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Saturday 10 January 2009

Petani Tanah Miring Minta Pemerintah Segera Perbaiki Drainase

Puluhan petani di Distrik Tanah Miring, Merauke, Papua meminta pemerintah segera memperbaiki sejumlah drainase di wilayah mereka. Bagi petani, dengan drainase yang buruk ditambah air yang selalu kurang telah mengakibatkan padi mereka tidak dapat tumbuh dengan baik.

Sejumlah drainase tersebut kata petani selalu tidak ada airnya. Drainase itu hanya terisi air jika musim hujan. Sedangkan pada musim kemarau selalu kering. Akibatnya puluhan hektar sawah mereka hingga saat ini tidak diberi pengairan yang baik. “Saya biasa pakai pompa untuk mengambil air. Biasanya saya tunggu kalau sudah ada airnya baru saya ambil. Kalau tidak ada terpaksa kita tidak bisa bikin apa-apa,” kata Subadi (27) salah seorang petani di Tanah Miring saat ditemui Jubi kemarin (8/1)

Dikatakannya, pengairan yang buruk tidak hanya di alami oleh puluhan warga tani di Tanah Miring. Tapi juga oleh puluhan lainnya seperti di Semangga, Merauke. Hal ini berbeda dengan yang dialami oleh petani di distrik Kurik. Petani di Kurik, kata dia, selalu memanfaatkan air dari Rawa Mayo. Sehingga tanaman padi mereka dapat tumbuh dengan subur karena pengairan yang diberikan sangat baik. “Ini contohnya sawah yang tidak ada airnya,” kata dia sembari menunjuk sejumlah petak sawah yang kering kerontang karena tidak diairi.

Menurutnya, sawah yang tidak mendapat pengairan yang baik akan mengakibatkan padi tidak dapat tumbuh dengan baik pula. Hal ini, lanjutnya, sangat merugikan petani pada saat panen nanti.

Dilain tempat, Mardi (42) Petani jalur dua Tanah Miring mengatakan kekurangan air selalu dialami petani setiap tahunnya. Tahun 2008 adalah masa paling sulit bagi petani karena sepanjang tahun itu, hujan yang datang tidak secara rutin turun. “Saya ini sudah pengalaman selama 21 tahun jadi petani. Dan saya lihat memang kita disini selalu kekurangan air,” kata dia

Diakuinya, kesulitan air yang dialami petani selalu tidak diperhatikan pemerintah. Pemerintah, kata Mardi, memang memberi bantuan pompa air dengan jumlah yang banyak. Namun pompa yang diberikan itu hanya sia-sia karena air yang berada di drainase juga kosong. Menurutnya, pemerintah seharusnya tidak saja memberikan bantuan tapi juga memperhatikan sisi lain dari kesulitan petani, seperti misalnya pengairan yang sampai selama ini kurang, “Itu sudah, jadi yang kami minta sekarang adalah pemerintah harus juga turun tangan membantu petani untuk memperbaiki drainase yang tidak baik,” ujarnya. (Jerry Omona).


http://www.tabloidjubi.com/index.php?option=com_content&task=view&id=907&Itemid=9


Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Petani Tanah Miring Minta Pemerintah Segera Perbaiki Drainase ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Saturday 10 January 2009. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.