Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Wednesday 23 October 2013

Warga Asli Papua di Sumber Mulya Dibantu Ternak Sapi



MERAUKE - Delapan kepala keluarga (KK) penduduk asli Papua yang berdomisili di Kampung Sumber Mulya, Distrik Kurik, Merauke meminta bantuan ternak sapi kepada Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, ketika melakukan kegiatan turun kampung (turkam) di Sumber Mulya, beberapa waktu lalu.

Perwakilan warga asli Papua, Fakiston Iha kepada wartawan mengatakan, dirinya mewakili 8 KK warga asli Papua meminta bantuan ternak sapi secara langsung kepada bupati. Ke delapan KK warga asli Papua tersebut merupakan petani, tetapi disamping bertani, mereka ingin mengembangkan peternakan.

“Saya juga anggota Bamuskam Sumber Mulya, kami ada 8 KK yang bermukim di XUPT trans Sumber Mulya, Kurik 6. Kami minta bantuan kepada bapak Bupati, kalau bisa kami diberikan ternak sapi supaya kami pelihara dan kami kembangkan,” kata Fakiston.




Dikatakan, ketika menyampaikan usulan tersebut, Bupati Mbaraka langsung menanggapi. Bupati minta Dinas Peternakan Kabupaten Merauke untuk mendatangkan ternak sapi bagi 8 KK warga asli Papua tersebut. Dirinya diminta untuk berkoordinasi dengan Kepala Dinas Peternakan, Hanok Untajana usai dialog.

“Kebetulan Pak Kepala Dinas Peternakan juga hadir, sehingga tadi habis dialog, saya langsung koordinasi dengan beliau. Mungkin dalam waktu dekat akan diproses. Kami sangat membutuhkan ternak, supaya ekonomi kami berkembang,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, Hanok Untajana mengatakan pihaknya akan mendatangkan sapi dalam waktu dekat untuk diserahkan kepada 8 KK penduduk asli Papua tersebut. Delapan KK tersebut akan dibentuk sebagai 1 kelompok, sehingga mereka akan memperoleh bantuan dalam bentuk kelompok. “Sapi-sapi yang ada didatangkan itu sudah menjadi program untuk pengembangan ternak di Distrik Muting dan Distrik Elikobel. Sapi-sapi itu akan segera datang, tetapi mungkin kami akan alokasikan sapi dari lokal, karena sapi-sapi itu sudah diprogramkan,” kata Untajana ketika dikonfirmasi wartawan.

Ditambahkan, satu kelompok ternak (88 KK.red) di Kampung Sumber Mulya akan memperoleh 11 ternak sapi, yakni 10 sapi betina dan 1 sapi jantan. Kelompok akan mengelola bersama-sama guna dikembangkan, sehingga terbantu perekonomian mereka.

“Kami tidak beri per KK, biasanya kami bentuk per kelompok, sehingga mereka kami hitung 1 kelompok. Mereka akan terima 11 sapi ternak. Kami akan usahakan, mungkin dari sapi lokal,” tandas Untajana. (lea/achi/lo1)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Warga Asli Papua di Sumber Mulya Dibantu Ternak Sapi ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Wednesday 23 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.