Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Friday 11 October 2013

Peningkatan Irigasi Perlu Dilakukan

MERAUKE - Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Merauke, Bambang Dwiatmoko, menegaskan bahwa perbaikan drainase dan peningkatan irigasi bagi lahan petani sangat mendesak untuk dikerjakan. Pasalnya, musim kering pada tahun ini mempengaruhi produktifitas pertanian.

Menurut Bambang, Dinas Tanaman Pangan sudah menampung berbagai aspirasi petani terkait masalah kekurangan air. Dinas akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, guna perbaikan dan peningkatan irigasi bagi lahan pertanian. Perbaikan dan peningkatan irigasi segera dilakukan, mengingat petani akan masuk pada musim tanam tahun 2014.

“Ada aspirasi dari petani, seperti perbaikan drainase dalam rangka peningkatan penampungan air. Petani juga mengusulkan perbaikan pintu air, terutama memanfaatkan fasilitas pintu air yang ada di Sungai Maro, supaya pada waktu pasang, air tawar bisa masuk dan bisa dimanfaatkan. Itu yang perlu mendapat perhatian oleh pemerintah, karena kebetulan itu di luar kewenangan kami, maka kami akan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” kata Bambang, Rabu (9/10) kemarin.

Terkait masalah kekeringan tahun ini, kata Bambang, Bupati Merauke Romanus Mabaraka sudah memerintahkan instansi teknis untuk mengantisipasi dengan membuat modifikasi varitas irigasi yang lebih baik. Bupati perintahkan Dinas Bina Marga dan Pengairan untuk merehabilitasi drainase.

“Tupoksi Dinas Tanaman Pangan itu pada pemanfaatan air irigasi, sehingga tidak bisa dilakukan sendiri. Kita akan koordinasi dengan dinas terkait. Tahun 2014 kita akan coba antisipasi dengan melakukan rehabilitasi drainase guna perbaikan penampungan air dalam rangka meningkatkan pertanian,” ucapnya.

Masyarakat petani pun diharapkan pada musim tanam 2014, sebaiknya menanam gadu seperti musim tanam rendengan, sehingga dapat meningkatkan produksi. Alasannya, permintaan beras dari luar Merauke cukup tinggi, sehingga perlu peningkatan produktifitas padi.

“Perbaikan drainase dan peningkatan irigasi sangat mendesak untuk dilakukan, sehingga kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait, terutama yang membidangi pengairan yakni Dinas Bina Marga Dan Pengairan,” pungkasnya. (lea/achi/lo1)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Peningkatan Irigasi Perlu Dilakukan ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Friday 11 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.