Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Thursday 17 October 2013

KTM Salor Miliki Prospek Cerah Ke Depan



Merauke, InfoPublik - Direktur Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KTrans) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Ir. H. Jamaluddin Malik, MM, menilai Kota Terpadu Mandiri (KTM) Salor akan memiliki prospek yang cerah ke depan.

Jamaluddin Malik seusai melakukan peninjauan ke KTM Salor bersama rombongan, belum lama ini, mengatakan, kawasan Salor akan menjadi kawasan ibu kota dari Kabupaten Merauke, jika kelak Kota Merauke terbentuk.

Menurutnya, KTM Salor dibangun sejak tahun 2009 dengan luas wilayah sekitar 96.340 hektar, yang terdiri dari areal pembangunan dan pengembangan sekitar 36.500 hektar dan areal pengembangan investasi perkebunan seluas 59.840 hektar dengan komoditas yang dikembangkan padi, tebu dan palawija.

Dalam pelaksanaannya, kawasan KTM Salor diintegrasikan dengan Program Merauke Integrated Food and Energi Estate (MIFEE), yang merupakan program pemerintah untuk memenuhi swasembada pangan nasional. Ia menilai sejak KTM Salor dibangun sampai saat sekarang ini telah banyak mengalami kemajuan.

Namun diakuinya, akan lebih cepat lagi berkembang jika ada sinergisitas dalam membangun infrastrukturnya.

Dikatakan, diminta atau tidak diminta, Merauke tetap menjadi perhatian pemerintah. Selain karena salah satu daerah tertinggal di Indonesia, dan terpencil, juga karena Merauke adalah daerah perbatasan yang sangat strategis.

‘’Dari transmigrasi, kami memang ada hambatan dengan adanya moratorium. Namun kami menyesiasati dengan program pengembangan dan pembangunan kawasan daerah transmigrasi yang terintegrasi. Sehingga dana-dana dari kementerian bisa tetap mengalir ke Papua,’’ katanya.

Menyangkut pembangunan KTM Muting, menurut Jamaluddin, sudah masuk dalam agenda pengembangan. Namun karena berada di daerah perbatasan, maka pengembangannya akan dilakukan secara bersinergi dengan Badan Perbatasan Pusat.

Mewakili Bupati, Staf Ahli Bupati Tangke Mangi, SE, mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Merauke tidak menutup mata atas apa yang sudah diberikan Pemerintah Pusat selama ini, dimana daerah-daerah transmigrasi selama ini sebagai embrio untuk menggerakan masyarakat lokal.

Ia berharap, pola pengembangan dan pembangunan transmigrasi untuk tetap dilanjutkan karena dengan pola ini tidak mendatangkan penduduk baru tapi dengan pembinaan masyarakat lokal. (02/mcmerauke/Kus)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel KTM Salor Miliki Prospek Cerah Ke Depan ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Thursday 17 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.