Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Friday 25 October 2013

KPA Merauke Terbaik Soal Penanganan HIV dan AIDS



MERAUKE - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional menilai eksistensi KPA Kabupaten Merauke, sangat bagus dalam hal penanganan kasus HIV dan AIDS di wilayah kerjanya. Hal itu terbukti dengan kemampuan KPA Merauke dalam menekan angka kasus HIV dan AIDS yang terjadi selama beberapa tahun ini.

Karena keberhasilan itu, KPA Merauke mendapatkan prestasi sebagai KPA terbaik secara nasional, di mana Ketua KPA Merauke dalam hal ini Wakil Bupati Merauke Sunarjo akan diundang sebagai pembicara dalam pertemuan global tingkat Asia-Pasific.

“Yang paling kami jadikan tolak ukur bahwa dari angka kasus HIV dan AIDS nya ini sudah mulai terkontrol pada pekerja seks. Dan mereka (KPA Merauke) juga menjalankan program-program mereka dengan intens sehingga hasilnya pun efektif. Nah seperti ini yang kami tidak lihat di kabupaten-kabupaten atau provinsi lainnya secara kasat mata,” ungkap Irawati, Koordinator Penelitian dan Hubungan Internasional pada KPA Nasional kepada wartawan saat ditemui di Kantor Sekretariat KPA Merauke, Kamis (24/10/2013) kemarin siang.

Diakui Irawati, berdasarkan laporan yang ada, angka kasus HIV dan AIDS untuk kelompok berisiko pekerja seksual sudah kecil ketimbang angka kasus untuk ibu rumah tangga dan petani.




“Tapi kami yakin dengan program-program yang dilakukan secara intensif, maka dapat menurunkan angka kasus yang terdapat pada ibu rumah tangga dan petani tersebut,” tegasnya.

Ditambahkan Koordinator Pelaporan pada KPA Nasional, Djajak, turunnya angka kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Merauke ini tidak lepas dari peran serta instansi terkait dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) serta semua pihak yang terlibat di dalamnya. KPA Nasional melihat adanya kerja sama yang baik antara KPA, instansi dan LSM sehingga terjadi sinkronisasi terhadap pelaksanaan program-program yang dihasilkan untuk menghalau tingginya angka kasus.

“Jadi semuanya bergerak, bekerja sama dengan baik sehingga terjadilah sinkronisasi. Ini yang diharapkan, dan bukan hanya KPA bekerja sendiri tapi juga semua yang terkait di dalamnya ikut bekerja,” akunya kesuksesan KPA Merauke karena program KPA meretas hingga ke kampung-kampung.

Kesuksesan KPA Merauke ini harus menjadi motivasi bagi daerah lainnya di Indonesia. Bahkan soal penerapan Peraturan Daerah (Perda) pun menjadi perhatian KPA Nasional, di mana Pemerintah Kabupaten Merauke pro aktif dalam mendukung KPA menanggulangi kasus HIV dan AIDS.

“Ini suatu luar biasa, daerah lain memang punya Perda juga sama dengan Kabupaten Merauke. Tapi Perda mereka dalam tanda kutip terbilang ompong karena tidak ditegakkan secara efektif. Tetapi Kabupaten Merauke, pemerintah daerah juga punya peran melalui penegakkan Perda,” tandas Irawati.(lea/achi/LO1)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel KPA Merauke Terbaik Soal Penanganan HIV dan AIDS ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Friday 25 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.