Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Wednesday 23 October 2013

Bupati Merauke : Masyarakat Kampung Lokal Masih Harus Terus Pendampingan



Merauke, InfoPublik - Bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka, MT menegaskan, untuk mengangkat ekonomi masyarakat, khususnya kampung-kampung yang dihuni masyarakat lokal masih dibutuhkan pendampingan secara terus menerus. Pendampingan ini karena rata-rata belum bisa mandiri dari sisi ekonomi.

‘’Jadi pendampingan terhadap masyarakat kampung lokal harus terus dilakukan. Bagaimana dana yang diturunkan ke bawah dimanfaatkan untuk usaha-usaha produktif dalam meningkatkan ekonomi keluarga mereka,’’ kata Bupati Romanus, ketika Turkam di 2 kampung SP 5 Kurik Kampung Sukamaju Distrik Malind dan SP 6 Kurik Distrik Kurik, Jumat (18/10).

Sementara untuk kampung-kampung eks transmigrasi, menurut bupati, masyarakatnya tidak perlu lagi pendampingan secara terus menerus. Sebab, rata-rata warga di lokasi eks UPT Transmigrasi tersebut sudah mampu mandiri secara ekonomi.

Apalagi, lanjut Bupati, dari sisi sarana umum untuk lokasi-lokasi eks UPT Transmigrasi, hampir semuanya sudah tersedia. Sementara untuk kampung-kampung lokal, diakui Bupati, sampai saat ini sarana umum masih sangat terbatas.

‘’Kalau masyarakat di kampung-kampung lokal tidak ada yang maju, maka masyarakat di semua lokasi eks UPT Trans harus maju. Karena hampir semua sarana umum sudah tersedia,’’ jelas Bupati.

Untuk maju tersebut, selain kemandirian dalam ekonomi, sambung Bupati, juga mampu memanfaatkan dana yang diturunkan ke kampung. Apalagi, dana yang diturunkan pemerintah ke setiap kampung eks UPT Transmigrasi yang menjadi sentra-sentra produksi padi cukup besar.

Selain dana PNPM Mandiri dari pusat, Respek dari Provinsi, juga dana Gerbangku dari Pemerintah Kabupaten Merauke. Tak hanya itu, juga ada dana Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang diturunkan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian ke setiap kampung yang bervariasi setiap kampong, mulai Rp500 juta sampai di atas Rp 1 miliar.

‘’Untuk kampung-kampung eks UPT Transmigrasi yang menjadi sentra produksi padi, uang yang dikelola tahun 2013 ini jika ditotal secara keseluruhan rata-rata diatas Rp 1miliar. Bahkan ada yang Rp2 miliar setiap kampungnya,’’ tambahnya. (02/mcmerauke/Kus)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Bupati Merauke : Masyarakat Kampung Lokal Masih Harus Terus Pendampingan ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Wednesday 23 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.