Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Saturday 19 October 2013

Bandara Mopah Merauke Akan Bangun Terminal Dengan Konsep Rumah Semut



Merauke, InfoPublik - Kabandara Mopah Merauke Rajokki Aritonang mengungkapkan, Kementerian Perhubungan RI akan terus melakukan pengembangan terhadap Bandara Mopah Merauke, yang merupakan salah satu bandara internasional.

‘’Ke depan kita akan bangun terminal bandara ini dengan konsep 3 rumah semut yang mewakili Indonesia sendiri, PNG dan Australia. Atapnya dari Tifa Papua, namun didesain menjadi modern. Model ini satu-satunya di Indonesia. Mudah-mudahan model terminal yang akan kita bangun ini merupakan yang terbaik di kawasan Timur Indonesia,” kata Rajokki Aritonang baru-baru ini.

Menurutnya, pihak Kementerian Perhubungan telah membahas mengenai hal ini dan akan segera meningkatkan pembahasannya di DPR RI.

Dikatakan, pengembangan terminal ini untuk kesiapan tahun 2020, dimana terminal ini dibuat menjadi terminal kebanggaan masyarakat Merauke secara khusus dan masyarakat Papua Selatan secara umum. ‘’Terminal itu sendiri diperkirakan akan menelan biaya ratusan miliar rupiah,’’ katanya.

Selain pengembangan terminal tersebut, lanjut dia, juga akan dibangun Tower yang nantinya bangunannya akan menyerupai seekor burung. Tower yang akan dibangun ini selain untuk operasional juga untuk administrasi, ‘’Kita akan jadikan satu dalam rangka memberikan dukungan pelayanan kedepan,’’ katanya.

Dari sisi perintis, menurut Aritonang, juga akan terus dikembangkan. Jika pada tahun ini hanya 5 route, maka tahun 2014 mendatang akan ditambah menjadi 15 route. Sedangkan 2016 mendatang ditargetkan mejadi 35-36 route yang semaunya ada di kawasan Papuam Selatan.

‘’Semua kawasan yang ada di Papua Selatan ini kita akan buat lingkaran yang mengacu pada satu titik di Merauke. Sehingga masyarakat yang ada di perbatasan maupun pedalaman akan lebih mudah dari aspek pendidikan maupun kesejahteraan masuk ke Merauke,’’ katanya.

Menurutnya, selain 3 perusahaan penerbangan yang sudah masuk ke Merauke saat ini yakni Merpati, Lion Air dan Sriwijaya Air, Garuda dan Trigana Air juga akan masuk. Termasuk Mandala Air yang akan membuka jalur Jakarta-Bali Merauke-Australia.

Dari aspek keamanan, Rajokki Aritonang menambahkan, pihaknya sudah kerja sama dengan AURI sehingga bagi yang tidak berkepentingan tidak diperbolehkan masuk ke terminal.

‘’Pada Bulan Desember nanti, semua legalitas yang menyangkut pass bandara, pengurusan dan penerbitannya kita serahkan ke Otoritas Bandar Udara Mopah. Ini kita lakukan karena mereka yang mengawasi dan pengendalian,’’ tambahnya. (02/mcmerauke/Kus)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Bandara Mopah Merauke Akan Bangun Terminal Dengan Konsep Rumah Semut ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Saturday 19 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.