Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Saturday 8 December 2012

KMP Terubuk I Ditunda Pelayarannya


Merauke - Kapal Motor Penumpang Terubuk I milik PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merauke dengan rute pelayaran Merauke, Wanam, Kimaam, Bade, Asiki dan Tanah Merah dibatalkan pelayarannya oleh Kantor Ksyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Merauke (KPLP) sejak hari Rabu, 5 Desember pukul 01.00 dini hari, Kamis (6/12).
Kepala Kantor Ksyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Merauke, Hengky Mainussy, SH, melalui Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, Fakhrin Riza, membenarkan penundaan pelayaran tersebut. Dikatakan Fakhrin, KMP Terubuk I dibatalkan pelayarannya terkait dilakukan pemeriksaan (checklist) muatan penumpang yang melebihi kapasitas. 
“Masalahnya karena kelebihan penumpang, meski waktunya mendesak kami menunda. Kapal ini multifungsi dalam arti memuat penumpang dan barang, apabila tidak memenuhi ketentuan kelaikkelautan, ya kami menunda keberangkatan kapalnya. Sampai malam ini saya hanya terima laporan kelebihan penumpang saja, tidak ada kelebihan muatan barang/material, tidak ada masalah muatan barang, tetapi muatan penumpangnya,” katanya kepada Bintang Papua di ruang kerjanya.
KMP Terubuk I, kata Fakhrin, setelah pengecekan muatan dan penumpang kapal akan berlayar pada pukul 21.00 WIT  menuju Kimam, tetapi setelah dilakukan pengecekan kedua dalam proses administrasi untuk pemberangkatan kapal melalui sweeping ditemukan kelebihan penumpang, sehingga pihaknya terpaksa menunda keberangkatan kapal demi keselamatan pelayaran. KMP Terubuk I hanya diberikan ijin memuat 166 penumpang dan 122,11 tonkubik barang.
“Kapal itu pada saat cheklist jam 9 malam, kondisi muatannya sesuai dengan batas dan penumpang sesuai kapasitasnya. Tapi, begitu menyerahkan dokmen kapal, kami ada pengecekan kedua yakni proses pemberangkatan kapal. Pada saat kami melakukan sweeping penumpangnya lebih 60 orang,  makanya kami tahan. Kami tunda pada pukul 1.00 malam. Saya tidak menerima laporan kalau kelebihan muatan barang, tetapi ada 60 orang yang naik, kami tidak berani mengambil resiko. Ijin yang diberikan sebanyak 166 penumpang,” ujarnya.
Ditambahkannya, ada upaya dari pihak ASDP meminta dispensasi penambahan penumpang sebanyak 60 orang. Ajuan dispensasi itu akan diberikan apabila laporan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) baik dan pihaknya melakukan pemeriksaan kelengkapan keselamatan pelayaran sesuai syarat dan ketentuan.
“Dispensasi diajukan ke kami, nanti kami lihat apakah bisa? Dengan catatan alat-alat keselamatan pelayarannya memenuhi syarat dan laporan oleh BMG jika ombak tidak besar, maka kami ijinkan. Jumlahnya sekarang 215 alat renang, ada sekoci dan rakit penolong. Sebenarnya jumlah yang dapat ditampung 300 orang, tetapi ijinnya 166 orang. Siap berangkat, jika memang mereka ajukan dispensasi, tapi kami periksa ulang keselamatan berlayarnya,” tandasnya.
Sementara itu, Supervisior ASDP, Dian Lesmana, membenarkan penundaan itu terkait penambahan penumpang sebanyak 60 orang. Sesuai ketentuan, pihaknya mengajukan surat dispensasi penambahan penumpang. Pada saat pihak KPLP melakukan pendataan kembali (Clarring) diketahui jumlah penumpang tidak sesuai kapasitas sehingga ditunda keberangkatannya. Pihaknya sudah ajukan surart dispensasi dan berencana akan berangkat pukul 16.00 WIT, Kamis, 6-12-2012. “Tidak bermasalah dengan muatan barangnya, ya namanya menjelang hari raya, jumlah penumpang naik, itu saja. Kemarin pada saat kami clarring, banyak orang mabuk sopi. Nanti jam 3 sore kami mau mendata (claring) ulang sampai keberangkatannya. Kapasitas barangnya, 122,11 kubikton. Penumpang sesuai ijin 166 orang. Kami mau sweeping kembali. Kami upayakan hari ini berangkat, kasihan penumpang sudah beberapa hari, tetapi kami juga tidak ingin resiko pelayaran,” ungkapnya. (lea/don/LO1)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel KMP Terubuk I Ditunda Pelayarannya ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Saturday 8 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.