Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Monday 12 November 2012

Miras Lokal Picu Maraknya Kekerasan


MERAUKE, KOMPAS — Peredaran minuman keras lokal di Kabupaten Merauke, Papua, dinilai sudah sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, maraknya peredaran dan konsumsi minuman keras lokal telah berdampak pada maraknya tindak kekerasan.
Ketua Badan Legislasi DPRD Merauke Jorgen Betaubun mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun DPRD Merauke, selama bulan Agustus 2012 telah terjadi 55 kasus mabuk akibat miras lokal yang disertai tindak kekerasan dan gangguan ketertiban umum.

"Sejumlah tindakan akibat kasus mabuk tersebut antara lain mengancam dan menganiaya istri, pembunuhan, penganiayaan, perkelahian, perusakan rumah, dan kecelakaan. Minuman beralkohol yang sering diminum dan membawa akibat tindak pidana adalah jenis sopi dan sagero," kata Jorgen di Merauke, Papua, Senin (12/11/2012).

Sopi dan sagero dihasilkan dari meniris kelapa.  J orgen mengungkapkan, pohon kelapa milik warga asli Papua disewakan kepada orang non-Papua untuk membuat sopi dan sagero.
"Padahal, sebenarnya memiliki nilai ekonomi untuk membuat gula merah. Tetapi karena nilai ekonomisnya rendah dan pemasarannya juga tidak memungkinkan untuk usaha gula merah, maka sopi dan sagero adalah alternatif yang cepat menghasilkan uang," katanya.

Menurut Jorgen, kedua jenis miras lokal itu diperjualbelikan dengan bebas tanpa ada pengawasan dan pengendalian penjualan dan peredarannya. Karena itu, DPRD Merauke sepakat merancang peraturan daerah tentang minuman beralkohol yang mengatur sopi dan sagero untuk menekan kasus kekerasan akibat miras. 

Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Miras Lokal Picu Maraknya Kekerasan ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Monday 12 November 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.