Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Friday 2 January 2009

Dinas Tanaman Pangan Merauke Targetkan 27.000 Ha Lahan

Adanya program pengembangan percetakan lahan persawahan baru setiap tahun yang didukung pemberian bantuan alat mesin pertanian yang terus mengalir ke petani membuat Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Merauke menargetkan 27.000 Ha luas tanam pada musim tanam 2009 ini.
Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Merauke Ir Omah Laduani Ladamay, M.Si, mengatakan, hingga minggu ketiga pada Desember lalu, dari target tersebut yang tercapai baru 8.000 ha. Kendati demikian, jelas mantan Kepala Bappeda Kabupaten Mimika ini, pihaknya terus berupaya maksimal untuk mencapai target yanga ada.

Menurutnya, kendala yang dihadapi petani hingga luas tanam masih jauh dari target tersebut karena hingga saat ini hujan belum turun secara merata. ''Hujannya belum mantap. Mungkin ini akibat pengaruh iklim global. Tapi kami harap setelah Desember, kita bisa melakukan penananam untuk seluruh areal,''katanya saat ditemui Cenderawasih Pos, di ruang kerjanya, Rabu (31/12.

Penyiapan lahan sendiri di lapangan sudah cukup bagus, hanya saja di beberapa kawasan masih mengalami kekurangan air sehingga penanaman belum bisa dilakukan. ''Tapi kami dari dinas sudah mensuport bantuan mesin pompa dan selang ke petani supaya mereka bisa menyedot air dari daerah-daerah tangkapan air yang ada di masing-masing lokasi,'' jelasnya.

Dengan bantuan mesin pompa tersebut diharapkan sampai akhir Januari, semua lahan sudah ditanami. ''Dibeberapa kampung sudah ada yang mencapai sasaran yang sudah besar tapi beberapa kampung lainnya belum bisa melakukan penanaman. Tergantung air,'' ujarnya.
Ia mengharapkan, pada bulan Januari ini hujan semakin baik sehingga sehingga petani yang telah menyiapkan lahan bisa segera melakukan proses penanaman.

Laduani menambahkan, pihaknya juga telah menyarankan kepada petani untuk tidak menanam bibit yang telah disemai di atas usia 25 hari. Sebab, bibit yang berumur diatas 25 hari baru ditanam akan menurunkan produktivitas.

http://www.cenderawasihpos.com/detail.php?id=23009&ses=


Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Dinas Tanaman Pangan Merauke Targetkan 27.000 Ha Lahan ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Friday 2 January 2009. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.