Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Tuesday 8 October 2013

Tempat Wisata : Pesona Pulau Habe di Merauke

Habe-PulauMerauke (Sulpa) – Keindahan alam Papua tak hanya di punggung Utara pulau cenderawasih semata. Di bagian selatan Papua, tepatnya di Kabupaten Merauke, ada sebuah pulau yang sangat elok.  Namanya Pulau Habe.  Pulau ini terletak di Kampung Wambi, Distrik Okaba.
Untuk bisa sampai di pulau ini, ada dua pilihan transportasi alternatif yang anda bisa gunakan. Misalnya melalui pesawat twinoter menuju Distrik Okaba yang ditempuh selama lima belas sampai tiga puluh menit.
Sedangkan bagi anda yang suka tantangan dan ingin menguji adrenalin di laut Arafura, dari merauke anda bisa menggunakan Speedboat berkuatan 80 PK dan ditempuh sekitar tiga jam.
Pulau Habe ini memang beda dengan seluruh pantai di Selatan Tanah Papua yang umumya berpermukaan lumpur. Pulau Habe memiliki keistimewaan tersendiri, air lautnya biru jernih, pasir putih dan berkarang. Tidak mengherankan jika binatang laut seperti kerang dan penyu banyak  ditemukan ditepi pantai pulau ini.
Menurut Legenda Suku Marind, pada zaman dahulu, Pulau Habe dahulunya berada di Kondo dan mengalami perpindahan seiring dengan hijrahnya para leluhur dari satu tempat ke tempat lain.
Sedangkan hikayat lainnya adalah pulau Habe ini dulunya satu daratan dengan pulau Papua, tetapi karena bencana alam seperti gempa bumi, daratan pulau Papua terpecah menjadi beberapa bagian, dan terbentuklah pulau Habe.
“Menurut cerita masyarakat Wambi, struktur pasir pantainya kerap berubah posisi secara alami setiap tahun. Jika musim angin tenggara menghembus ke arah pulau, pasirnya pun secara perlahan akan berpindah ke arah barat dan membentuk permukaan pantai pasir baru. Dan begitu pun sebaliknya,” kata Bupati Kabupaten Merauke, Romanus Mbaraka.
Fenomena alam lainnya yang terdapat pulau ini adalah permukaan daratannya ditumbuhi pepohonan khas dataran tinggi. Di situ ada alang-alang, pandan duri, bunga bakung, putri malu, serta tumbuh-tumbuhan khas dataran tinggi lainnya. Menariknya lagi, pulau ini permukaan tanahnya berwarna merah, Sedangkan di pinggir pantai hanya sedikit saja ditumbuh pohon bakau.
Karena keindahan Pulau Ini, Pemerintah Kabupaten Merauke akan menetapkan Pulau Habe sebagai tempat tujuan wisata Utama. “Tahun 2013 ini Pemda Merauke akan membangun berbagai fasilitas, seperti Helyped, tempat penginapan dan akan dibangun Patung Kristus Raja untuk wisata Rohani,” kata Romanus. (C/Gon/R4)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Tempat Wisata : Pesona Pulau Habe di Merauke ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Tuesday 8 October 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.