Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Sunday 3 February 2013

Pemekaran PPS, Kapan ‘Palu’ di Senayan Diketuk?


Merauke – Kurang lebih enam tahun, perjuangan untuk pemekaran Kota Merauke maupun Provinsi Papua Selatan (PPS), tak kunjung datang. Sementara gema ‘akar rumput’ yang menginginkan agar ‘palu’ di senayan  segera diketok, terus disuarakan dari tahun ke tahun.
Lalu, dimanakah kekurangan yang belum diselesaikan sesuai aturan perundang-undangan? Secara politis, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke telah berjuang dan bahkan bertemu langsung DPR RI serta Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Hanya saja, sesuai arahan dan petunjuk yang diberikan, sejumlah persyaratan administratif belum diselesaikan.
Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Ir. Leonardus Mahuze saat bincang-bincang dengan media ini diruang kerjanya, Jumat (1/2) meminta semua orang agar tidak terlalu pesimis dengan melihat adanya pemekaran dari sisi negatif saja. Jika masih ada kekurangan disana sini termasuk sumber daya manusia (SDM), maka saatnya untuk mulai dipersiapkan dari sekarang.
“Jika kita berasumsi agar semua harus dipersiapkan terlebih dahulu, keadaannya akan tetap seperti begini terus. Sambil dilakukan proses untuk menyelesaikan sejumlah persyaratan yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan, SDM orang asli Papua termasuk fasilitas pendukung lain, mulai sekarang dipersiapkan,” pintanya.
Secara politis, demikian Mahuze, telah adanya dukungan penuh dari DPR RI. Hanya saja, persyaratan administrasi yang belum diselesaikan seperti peta wilayah maupun pembagian aset. Untuk itu, semua pihak terkait, harus duduk secara bersama-sama  dan membicarakan kembali.  Sikap arogansi sekiranya harus dihindari semua pihak. “Jika kita bersikap arogan, semuanya tak akan jalan dengan baik dan lancar,” tandasnya.
Lebih lanjut Mahuze mengungkapkan, pemerintah pusat  telah memberikan sinyal positif jika Merauke sangat layak untuk dimekarkan menjadi kota dan  menjadi provinsi sendiri. Sejumlah persyaratan telah dipersiapkan termasuk universitas negeri.
“Jadi, tidak salah jika kita harus bergandengan tangan secara bersama sama dan perlu satu hati untuk membicarakan. Jika ada kekurangan administrasi, semua harus melengkapi. Sehingga keinginan dan harapan masyarakat untuk pemekaran daerah ini, dapat direalisasikan. Ya, jika semua persyaratan dipenuhi, cepat atau lambat, ‘palu’ DPR RI  akan diketuk juga,” ungkapnya.
Ditambahkan, perjuangan pemekaran Kota Merauke maupun Provinsi Papua Selatan (PPS), semata-mata untuk mendekatkan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat. Selain itu, jangkauan wilayah yang berjauhan dari satu kampung ke kampung lain. Sebaiknya antara dewan, masyarakat dan pemerintah harus melihat itu dengan baik dan tak terkesan malas tahu. (FR/Merauke)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Pemekaran PPS, Kapan ‘Palu’ di Senayan Diketuk? ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Sunday 3 February 2013. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.