Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Thursday 13 December 2012

Pembenahan Pendidikan


Tahun 2013, Belanja Non Fisik Perlu Diprioritaskan

MERAUKE-Pembahasan anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke tahun 2013, Komisi A DPRD Kabupaten Merauke akan mengusulkan kepada Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke untuk memprioritaskan anggaran belanja pembangunan non fisik (kualitas) sejajar dengan anggaran belanja pembangunan fisik.
Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Dominikus Ulukyanan, A.Ma.Pd, mengatakan, selama ini pembangunan fisik berupa gedung sekolah lebih diutamakan dari pada pembangunan kualitas guru. Dinas P dan P perlu mengatur anggaran belanja pembangunan dengan seimbang, karena salah satu faktor kemerosotan pendidikan di Merauke diakibatkan pembangunan non fisik, khususnya peningkatan kualitas guru yang cenderung statis. 
“Pada pembahasan APBD 2013, kami harapkan agar belanja pembangunan  fisik dan non fisik dibagi secara jelas, skian persen untuk fisik dan sekian persen untuk pembangunan kualitas guru. Meski ada perubahan kurikulum nantinya, tetapi kalau kualitass gurunya tidak kompeten, ya sama saja. Hampir 10 tahun tidak ada penataran guru, sedangkan kurikulum lama tahun 1992 sebagian besar belum diterapkan,” kata Dominikus.
Dikatakannya, dinas perlu mengoptimalkan kompotensi guru sehingga dapat mempengaruhi perubahan pendidikan secara signifikan.Pendidikan merupakan pilar utama pembangunan di semua bidang.  Krisis pendidikan, khususnya di pedalaman diakibatkan kekosongan tenaga guru, dan kualitas guru menjadi indikator utama permasalahan pembenahan pendidikan di Merauke.
“Aturan pemerintah, pada tahun 2015 semua guru sudah harus S1, sementara faktanya banyak guru di kabupaten ini yang belum S1, bahkan ada guru yang ijazah dari pendidikan paket. Sementara promosi kepala sekolah kemarin, banyak guru yang hanya dengan golongan IIA lalu golongan III dan IV mau dikemanakan?  Tidak pernah ada penataran bagi guru-guru. Bagaimana kualitas manusia itu dapat dibangun dengan baik kalau aktor pendidiknya tidak dibekali dengan baik,” ujarnya.
Ditambahkannya, kepala sekolah yang baru dilantik perlu ditingkatkan keterampilan dan pengetahuannya agar lebih terlatih dalam memanajemen keuangan dan administrasi. Diharapkannya, pembayaran gaji secara manual dan rotasi para guru dapat membawa suatu perubahan yang signifikan bagi pendidikan.
“Pembayaran gaji manual belum sepenuhnya menyelesaikan persoalan pendidikan di kabupaten ini. Belum sepenuhnya guru memenuhi standar S1, pembangunan kualitas guru perlu diprioritaskan. Diharapkan rotasi guur-guru ini, mereka yang dipedalaman dapat mengejar pendidikannya demi peningkatan kualitas,” tandasnya. (lea/achi/LO1)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Pembenahan Pendidikan ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Thursday 13 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.