Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Thursday, 13 December 2012

Jaga Kualitas Air, Pemeriksaan Dilakukan Per Triwulan

MERAUKE, ARAFURA,- Air merupakan kebutuhan yang wajib dalam kehidupan manusia, baik untuk dikonsumsi, Mandi Cuci Kakus (MCK) dan lain sebagainya. Berangkat dari keberadaan air sebagai salah satu elemen utama tubuh manusia, maka air menjadi sebuah komoditas dagang yang cukup menjanjikan.
Seperti halnya di Kota Merauke, dapat dapat dilihat bahwa usaha air minum seperti air minum kemasan dan air galon isi ulang semakin bertambah. Untuk usaha air galon isi ulang keberadaannya cukup banyak dan hampir di setiap jalan maupun gang terdapat usaha ini.

Ketika dikonfirmasikan terkait pengawasan kualitas produk air yang dihasilkan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Stevanus.E.Osok, M.Kes, MM menjelaskan bahwa kontrol dan monitoring  dilakukan setiap tiga bulan oleh petugas dari Dinas Kesehatan. Adapun usaha – usaha khususnya air galon dan air kemasan lokal Merauke, sebelum mendirikan usahanya telah terlebih dahulu mendapat rekomendasi atau ijin dari Dinas Kesehatan, tentunya setelah melalui uji pemeriksaan kualitas air yang dihasilkan.

Untuk uji pemeriksaan dilakukan secara kimia dan biologi, dimana untuk kimia terkait apakah air tersebut mengandung bahan kimia berbahaya dan unsur lainnya masih dalam ambang batas yang diperbolehkan atau tidak. Sedangkan uji secara biologi adalah guna mengetahui apakah air tersebut mengandung kuman – kuman penyakit yang berbahaya bagi tubuh atau tidak.

Dalam berjalannya usaha – usaha tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam monitoring berkala yang dilakukan Dinas Kesehatan, masih terdapat pengusaha yang lalai dan tidak bertanggung jawab. Sehingga terjadi penurunan kualitas air melewati standar yang telah ditetapkan. “Para pengusaha tersebut, telah diberikan teguran serta peringatan agar menjaga kualitas air yang diperdagangkan dan aman untuk dikonsumsi masyarakat,”ujarnya, kepada ARAFURA di ruang kerjanya, Senin (10/12).(Roi)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Jaga Kualitas Air, Pemeriksaan Dilakukan Per Triwulan ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Thursday, 13 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.