Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Tuesday 4 December 2012

Dinas Tanaman Pangan Merauke Berpegang Ramalan BMKG Untuk Musim Tanam 2013

Merauke, Media Center - Kendati belum ada tanda-tanda turunya hujan  di Merauke sampai sekarang ini pada musim  kemarau yang berkepanjangan, namun Dinas Tanaman  Pangan Kabupaten Merauke masih tetap berpegang jika musim hujan akan terjadi di bulan Desember ini.
‘’Kami masih berpegang pada ramalaman BMKG bahwa akhir November sudah mulai hujan. Sebenarnya awal Desember ini sudah hujan tapi sampai sekarang belum. Tapi mudah-mudahan Desember ini sudah mulai musim hujan.  Kami masih berpegang pada ramalan BMKG,’’ tandas Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Merauke Ir. Bambang Dwiatmoko, M.Si kepada wartawan, Senin (3/12).    
Menurut Bambang, meski hujan yang dinantikan  belum juga turun, namun sebagian petani  di pusat-pusat sentra produksi mulai mengolah tanahnya secara kering sebagai persiapan. Menyangkut rencana target pada musim tanam 2012/2013, Bambang mengaku   belum mengetahui secara pasti karena target tersebut akan ditetapkan dengan surat keputusan bupati setelah para kelapa kampung dan kelompok tani berkumpul untuk menentukan target luasan tanam dan yang akan dibebankan kepada masing-masing wilayah.
‘’Untuk musim tanam tahun 2011/2012, secara kumulatif telah melampaui target  produksi. Sampai hari ini, Bulog sudah bisa mengisi gudangnya sampai 28.000 ton lebih,’’ katanya.
Bahkan, lanjutnya, dengan produksi yang cukup bagus tersebut, Bulog Merauke bisa  mengirim beras petani Merauke ke Timika sebanyak 2.000 ton.
 
‘’Untuk pengiriman beras keluar Merauke tentunya kita prioritaskan untuk daerah-daerah di bagian Selatan Papua dulu. Secara bertahap sesuai hasil produksi petani kita. Tapi yang  penting konsistensi dan kebijakan yang mendukung,’’ terangnya.
Bambang menambahkan, kebijakan pemerintah dalam memberikan dukungan kepada petani yang cukup bagus  pada musim tanam tahun lalu dengan harga beras yang cukup baik di tingkat petani telah memberikan motivasi bagi petani untuk mengembangkan pertanian padi tersebut.
‘’Tentunya salah satu yang  mendorong petani adalah masalah harga yang cukup baik saat ini,’’ tambahnya. (02/mcmerauke)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Dinas Tanaman Pangan Merauke Berpegang Ramalan BMKG Untuk Musim Tanam 2013 ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Tuesday 4 December 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.