Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Friday 16 November 2012

Karantina Ikan Masih Tunggu Kedatangan Pemilik Teripang


Kepala Kantor Karantina Ikan Kabupaten Merauke, M Hatta Arisandi.
Kepala Kantor Karantina Ikan Kabupaten Merauke, M Hatta Arisandi.
MERAUKE – Kantor Karantina Ikan Kabupaten Merauke sampai saat ini masih menahan sekitar 70 kilo gram teripang milik PT Sinapura yang akan dikirim melalui pesawat Merpati pada Minggu, pekan lalu.
Menurut Kepala Kantor Karantina Ikan Kabupaten Merauke, M Hatta Arisandi, bahwa pihaknya akan melepas puluhan teripang tersebut jika pemilik bersangkutan datang dan membawa dokumen lengkap.
“Memang kami rencana menahan selama dua hari, tetapi pihak pemilik sendiri sampai sekarang belum juga datang. Kalau dia (pemilik) merasa itu barang illegal, ya tunjukan dokumen dan pasti kami akan melepasnya,” kata Hatta kepada Bintang Papua saat dikonfirmasi, Rabu (14/11).
Menurut  Hatta, jika pihak pemilik mengaku itu bukan barang illegal maka itu adalah hak dia. Namun semua itu bisa dibuktikan dengan dokumen lengkap yang nanti ditunjukkan pemilik kepada pihak Karantina. 
Dijelaskan dia, penahanan teripang asal PNG ini sangat beralasan dan sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Karena itu setiap komoditi perikanan baik itu teripang sendiri, jika akan dikirim ke luar dari satu wilayah ke wilayah lain wajib melaporkan ke petugas karantina ikan, serta wajib mengantongi persyaratan yang diberikan instansi bersangkutan.
“Jadi sekali lagi kalau pemilik merasa itu legal, ya seharusnya dilaporkan ke kami. Karena setiap barang komoditi perikanan yang akan dikirim baik melalui udara maupun laut harus dilengkapi dokumen dari kami. Tetapi kenyataan yang terjadi saat pengiriman pemilik tidak memiliki dokumen dan tidak melaporkan ke kami. Nah menurut wartawan itu bisa dikatakan resmi atau tidak?” terangnya.
Lebih jelas jika suatu barang itu diklaim sebagai barang legal yang diakui keabsahannya atas dokumen yang dimiliki. Maka barang itu akan dibawa secara terang-terangan di hadapan petugas.
“Kalau namanya barang legal tidak dibawa secara sembunyi-sembunyi lah. Nah karena dia tidak memenuhi persyaratan itu maka otomatis ada tindakan karantina dari yaitu melakukan penahanan sementara. Karena kalau terjadi apa-apa dengan barang tersebut siapa yang mau bertanggung jawab,”akunya saat ini pihak Karantina Ikan masih menunggu kedatangan pemilik teripang yang syah.
Selanjutnya penahanan teripang ini juga dilakukan untuk mengecek apakah ada virus yang mengendap didalam teripang tersebut.
“Ini yang juga kita jaga semua jangan sampai ke luar dari sini ternyata ada penyakit di dalamnya. Karena ini berhubungan dengan mutu dari hasil perikanan itu sendiri,” pungkasnya. (lea/achi/LO1)
Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Karantina Ikan Masih Tunggu Kedatangan Pemilik Teripang ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Friday 16 November 2012. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.
 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.